Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Kembali Tinjau Gempa Cianjur: Kami Fokus Evakuasi 39 Orang Hilang

Jokowi ingin memastikan proses evakuasi korban gempa dapat berjalan dengan baik saat mengunjungi Sekolah Dasar Negeri Cugenang, Cianjur.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 November 2022  |  11:07 WIB
Jokowi Kembali Tinjau Gempa Cianjur: Kami Fokus Evakuasi 39 Orang Hilang
Warga mengevakuasi barang dari puing bangunan terdampak gempa bumi di Rancagoong, Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 125 kali gempa susulan di wilayah Kabupaten Cianjur, hingga pukul 08.00 WIB, Selasa (22/11). Kekuatan gempa susulan itu bervariasi dari yang terbesar bermagnitudo 4,2 hingga 1,5. Warga diimbau untuk mewaspadai gempa bumi susulan. Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi, di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis (24/11/2022) setelah sebelumnya pada Selasa (22/11/2022) telah melakukan pemantauan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara mengaku ingin memastikan proses evakuasi korban gempa dapat berjalan dengan baik saat mengunjungi Sekolah Dasar Negeri Cugenang, Cianjur. Penyebabnya, dia menyebut dari informasi yang ada masih ada sejumlah korban gempa belum ditemukan.

“Karena kita tahu di sini masih ada 39 [orang hilang] yang belum ditemukan di satu titik [lokasi] saja, sehingga proses evakuasi menjadi proritas, kami konsentrasi dan siang ini kami akan konsentrasi untuk evakuasi,” imbuhnya di Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11/2022).

Tidak hanya itu, Jokowi pun melanjutkan bahwa Pemerintah ingin memastikan kebutuhan logistik di lapangan terdisitribusi dengan baik, mulai dari makanan hingga obat-obatan.

“Semua diharap terdistribusi dengan baik termasuk juga kekurangan tenda yang ada, tadi juga ada keluhan air, karena memang ini titik [evakuasi]-nya banyak, sehingga butuh waktu untuk mendistribusikan, saya ingin pastikan itu semuanya segera terdistribusi,” tuturnya.

Dia menjelaskan alasan 39 korban yang belum ditemukan lantaran medan terkait terkendala dengan kondisi curam, keadaan hujan yang terus terjadi, dan adanya gempa susulan.

“Sehingga evakuasi perlu kehati-hatian, tetapi tadi Menteri PUPR sudah memerintahkan kepada jajarannya yang sudah terbiasa melakukan cut and fill sehingga seharusnya bisa semuanya dikerjakan,” pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cianjur Gempa Cianjur Jokowi
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top