Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Cerita Soal Kendala Evakuasi Korban Gempa Cianjur

Proses evakuasi korban gempa Cianjur terkendala masalah akses jalan dan keberadaan warga yang berada di daerah terisolasi.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di bawah  koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menangani longsoran di Jalan Nasional Cianjur-Puncak akibat Gempa magnitudo 5,6 di Cianjur yang terjadi Senin (21/11/2022) - Dok. Humas Kementerian PUPR.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di bawah koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menangani longsoran di Jalan Nasional Cianjur-Puncak akibat Gempa magnitudo 5,6 di Cianjur yang terjadi Senin (21/11/2022) - Dok. Humas Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengonfirmasi bahwa proses evakuasi korban gempa Cianjur mengalami kendala karena lokasi yang berada di daerah terisolasi.

Akibat kendala akses tersebut, menurutnya, banyak warga belum masuk ke titik pengungsian. "Jadi pagi hari ini alat berat kita maksimalkan untuk menormalisasi jalan dulu," ujar Ridwan Kamil kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Selasa (22/11/2022).

Kang Emil, demikian sapaan karibnya, juga mengatakan telah memerintahkan kepala desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) untuk membantu membuka akses bagi warga terdampak gempa.

"Setelah jalan normal kita ada 14 titik tempat pengungsian yang nanti juga [disiapkan] dapur umum,” paparnya.

Lebih lanjut, Ridwan mengungkapkan bahwa hingga pagi ini masih terjadi gempa susulan lebih dari 100 kali. Sementara itu mayoritas korban meninggal akibat gempa  Cianjur adalah anak-anak.

“Menurut laporan yang meninggal banyak anak-anak karena rata-rata sedang di madarasah, Ba’da zuhur, setelah beres sekolah umum, mereka lanjut sekolah agama. Jadi, mohon izin [Pak Wapres] yang terdampak banyak anak-anak santri dari 162 [korban] Gempa Cianjur,” tutur Ridwan.

Untuk diketahui, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin pagi ini, Selasa (22/11) sekitar pukul 08.00 WIB, melalui panggilan video menerima laporan langsung dari Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil terkait penanganan bencana gempa Cianjur.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini melaporkan pada Ma’ruf Amin bahwa dalam 24 jam terakhir tercatat 162 orang meninggal dunia akibat bencana tersebut yang telah berhasil dievakuasi.

“[Sebanyak] 70 [orang] yang luka-luka, mayoritas patah tulang, luka-luka robek kulitnya karena tertimpa benda tajam, [dan] ada 13 ribu pengungsi, mohon atensi karena akan mengungsi dalam hitungan hari atau minggu,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper