Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

China-India Tegang, Xi Jinping dan Narendra Jabat Tangan di Gala Dinner G20

Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi saling jabat tangan kendati kedua negara ada sengketa perbatasan.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 16 November 2022  |  09:55 WIB
China-India Tegang, Xi Jinping dan Narendra Jabat Tangan di Gala Dinner G20
Presiden RI Joko Widodo duduk di sebelah PM India Narendra Modi saat membuka KTT G20 Bali di The Apurva Kempinski, Bali pada Selasa (15/11 - 2022). Dok. Biro Setpres RI
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG - Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi pada Gala Dinner KTT G20, Selasa (15/11/2022) malam.

Menariknya, ini merupakan pertemuan tatap muka pertama kedua pemimpin negara tersebut yang terlihat depan umum. Sebelumnya ada ketegangan antara kedua negara ini akibat pertikaian militer di perbatasan Ladakh sekitar dua tahun lalu.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com melalui Media Center KTT G20, terlihat Perdana Menteri negara terbesar di Asia Selatan ini bertemu dan berjabat dengan Xi Jinping ketika sedang duduk sambil berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Xi Jinping terlihat sedang berbicara dengan Presiden RI Joko Widodo di dekat Modi. Melihat hal tersebut, Modi berdiri dari tempat duduknya dan mulai berjabat tangan dengan Presiden China, yang terakhir dilakukan sejak 2013 tersebut. Pembicaraan ini pun berlangsung selama beberapa menit.

Kedua kepala negara ini pun terlihat memakai batik. Modi terlihat menggunakan batik berwarna merah dan Xi Jinping menggunakan batik berwarna biru.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akhirnya berjabat tangan dan memulai pertemuan tatap muka pertama kali sejak pandemi Covid-19.

Sejarah pertemuan Biden dan Jinping terjadi di KTT G20 Bali. Pertemuan bilateral antara Biden dan Jinping memang menjadi sorotan dunia.

Dilansir dari Bloomberg pada Kamis (14/11/2022), kedua pemimpin negara menyerukan pengurangan ketegangan antara ekonomi terbesar dunia.

Joe Biden dan Xi Jinping bertemu di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali pada Senin (14/11/2022) pukul 17.30 WITA di sela-sela KTT G20 Bali. Mereka berbicara setidaknya selama dua jam, setelah itu Biden berencana mengadakan konferensi pers.

“Senang bertemu denganmu,” kata Biden kepada Xi sebelum mereka bergabung dengan pejabat AS dan China seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (14/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 KTT G20 xi jinping china india
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top