Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Zelensky Hadir Virtual di KTT G20, Sampaikan Pidato Berapi-api

Dalam pidatonya, Zelensky menyerukan pemulihan perdamaian dan menghormati Piagam PBB di KTT G20.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 15 November 2022  |  11:29 WIB
Zelensky Hadir Virtual di KTT G20, Sampaikan Pidato Berapi-api
Tangkapan layar yang menunjukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan pidato secara virtual di KTT G20 Bali, Senin (15/11/2022). - Twitter/@DubesUniEropa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan pidato yang berapi-api dalam sambutannya secara virtual di KTT G20 Bali, Selasa (15/11/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket melalui akun Twitter resminya. Piket mengatakan Zelensky menyerukan pemulihan perdamaian dan menghormati Piagam PBB di KTT G20.

“Presiden Ukraina Zelensky berpidato di KTT G20 di Bali. Pidato berapi-api namun rinci yang menyerukan pemulihan perdamaian dan menghormati Piagam PBB, prinsip integritas teritorial di Ukraina,” tulis Piket di Twitter @DubesUniEropa.

Hari ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali. Setelah menyambut para kepala negara G20 dan tamu undangan di The Apurva Kempinski Bali, Jokowi mengingatkan bahwa KTT G20 Bali tak boleh gagal.

"Selamat pagi kepada seluruh pemimpin [Negara] dengan ini KTT G20 [resmi] dibuka," ujar Jokowi sambil mengetuk palu kayu sebanyak lima kali, Selasa (15/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengucapkan selamat datang kepada para kepala negara G20 serta tamu undangan dari negara sahabat dan organisasi internasional. 

"Selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia. Merupakan penghormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah KTT G20, saya paham perlu upaya yang kuat agar kita semua dapat duduk bersama di ruangan ini," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan dunia sedang mengalami tantangan yang luar biasa, krisis demi krisis terjadi, pandemi Covid-19 belum usai tetapi rivalitas terus menghadang, perang terjadi, dan dampak dari berbagai krisis tersebut dalam ketahanan pangan, energi, dan keuangan dirasakan di seluruh dunia terutama Negara berkembang.

Sebelumnya, Bloomberg melaporkan diplomat negara G20 diplomat menyetujui sebuah draf komunike yang akan disampaikan kepada para kepala negara pada KTT G20. Draf tersebut disepakati setelah melalui negosiasi yang sengit untuk mengatasi perbedaan tentang betapa sulitnya mengkritik Rusia atas perangnya di Ukraina.

Jika para kepala menandatangani draf tersebut, maka KTT G20 akan menghasilkan komunike dan menghindari sejarah buruk tidak terciptanya kesepakatan bersama dalam pertemuan G20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 KTT G20 G20 Indonesia Volodymyr Zelensky
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top