Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taliban Larang Perempuan Afghanistan Pergi Gym dan ke Pemandian Umum

Kelompok Taliban melarang perempuan Afghanistan untuk pergi ke pusat kebugaran (gym) dan pemandian umum, pada Minggu (13/11/2022).
Kota Kabul di Afghanistan./Istimewa
Kota Kabul di Afghanistan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kelompok Taliban melarang perempuan Afghanistan untuk pergi ke pusat kebugaran (gym) dan pemandian umum, pada Minggu (13/11/2022).

Adapun kelompok Taliban sebelumnya juga telah melarang perempuan Afghanistan untuk pergi ke taman-taman hiburan seperti pasar malam.

Sejak kehadiran Taliban di Afghanistan, aturan terkait perempuan tampak semakin banyak, meski kelompok itu telah menjanjikan prioritas bagi perempuan di negaranya.

Sebagian besar pegawai pemerintah perempuan telah kehilangan pekerjaan mereka, dan telah tinggal di rumah.

Sementara itu, perempuan juga dilarang bepergian tanpa kerabat laki-laki, dan harus menutupi diri dengan burqa atau jilbab saat keluar rumah.

Melansir dari Channel News Asia, sekolah untuk para gadis remaja juga telah ditutup di sebagian besar negara itu sejak kembalinya Taliban pada Agustus 2021.

Juru bicara (jubir) Kementerian Pencegahan Kejahatan dan Promosi Kebajikan Afghanistan Mohammad Akif Sadeq Mohajir menegaskan bahwa gym ditutup untuk perempuan karena adanya laki-laki di dalamnya.

"Gym ditutup untuk wanita karena pelatih mereka laki-laki dan beberapa di antaranya adalah gym gabungan," kata Sadeq Mohajir.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa pemandian umum tradisional yang selalu dipisahkan berdasarkan jenis kelamin sekarang juga terlarang bagi perempuan Afghanistan.

“Saat ini setiap rumah memiliki kamar mandi di dalamnya, jadi tidak akan menjadi masalah bagi perempuan,” lanjutnya.

Beredar sebuah video di media sosial, menunjukkan sekelompok wanita membelakangi kamera dan meratapi larangan gym.

"Ini gym khusus wanita, semua guru dan pelatihnya wanita, kamu tidak bisa begitu saja melarang kami dari segalanya. Apakah kami tidak berhak atas apa pun?," kata para perempuan di video itu dengan emosi.

Aktivis mengatakan peningkatan pembatasan terhadap perempuan di Afghanistan sebagai upaya untuk menghentikan penentangan terhadap aturan Taliban.

Kelompok kecil perempuan sering menggelar protes di Kabul dan kota-kota besar lainnya di Afghanistan, mengungkapkan kemarahan ke pejabat Taliban yang telah membatasi mereka.

Pada awal bulan ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyuarakan keprihatinan atas pembatasan perempuan oleh Taliban di negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper