Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pakar Hukum Sebut Penundaan Sidang Ferdy Sambo Merupakan Hal yang Tepat

Pakar Hukum Pidana, Suparji Ahmad mengatakan bahwa penundaan persidangan Sambo Cs merupakan hal yang tepat ditengah G20
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 14 November 2022  |  15:50 WIB
Pakar Hukum Sebut Penundaan Sidang Ferdy Sambo Merupakan Hal yang Tepat
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua atau Brigadir J, Ferdy Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (26/10/2022). JIBI - Bisnis / Lukman Nur Hakim
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Persidangan kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J dan kasus obstruction of justice atau penghalangan penyidikan dalam kasus pembunuhan Brigadir J oleh Ferdy Sambo CS resmi ditunda oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) sampai minggu depan.

Dengan adanyanya penundaan ini Direktur Solusi dan Advokasi Institut (SA Institut), Suparji Ahmad mengatakan bahwa penundaan sidang Ferdy Sambo sudah tepat. Sebab, hal ini dapat berdampak baik karena Indonesia sedang mengadakan event besar G20 di Bali.

"Dengan penundaan sidang yang diminta oleh JPU dengan alasan evalusi terhadap proses penanganan perkara-perkara yang menarik perhatian masyarakat tentu saja berdampak positif terhadap Negara, pemerintah dan masyarakat," ucap Suparji dalam siaran pers pada Senin (14/11/2022).

Suparji juga mengtakan bahwa masyarakat perlu penyegaran karena isu Sambo yang sudah berjalan cukup lama, hingga memakan waktu berbulan-bulan.

"Masyarakat  Supaya tidak jenuh dipertontonkan dengan persidangan berseri kasus yang notabene memperburuk citra negara dan Polri, isu-isu negatif di masyarakat dapat dialihkan atau direlaksasi dengan kegiatan positif terutama kegiatan atau momen-momen istimewa dari G20 di Bali," ucapnya.

Selain itu, Pakar Hukum Pidana Universitas Al-Azhar Indonesia ini memaparkan bahwa penundaan tidak akan berpengaruh pada pencarian kebenaran materiil di persidangan. Menurutnya, Majelis Hakim nantinya akan tetap obyektif dalam pemeriksaan.

"Masyarakat tak perlu khawatir, persidangan akan tetap berjalan secara obyektif dan independen. Kita semua tetap bisa menyaksikan secara bersama-sama," paparnya.

Sekadar informasi, Kejari Jaksel akan menunda sidang kasus pembunuhan berencana dan obstruction of justice dengan terdakwa Ferdy Sambo dkk selama sepekan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Syarief Sulaeman Nahdi menegaskan bahwa penundaan tersebut dilakukan untuk evaluasi karena banyak persidangan lain yang menarik perhatian publik dan ditangani Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

"Jadi saya tegaskan lagi, penundaan ini adalah untuk evaluasi karena banyak persidangan lain juga di wilayah Jakarta Selatan," tegasnya, Sabtu (12/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ferdy Sambo Sidang Ferdy Sambo Pembunuhan Brigadir J
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top