Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei CIGMark: Elektabilitas Ridwan Kamil di Jabar, Ungguli Anies dan Prabowo

Survei terbaru CIGMark menunjukkan Ridwan Kamil jauh mengungguli Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo dalam bursa capres di Jabar.
Survei CIGMark: Warga Jabar Kompak Dukung Ridwan Kamil Jadi Capres. JIBI/Bisnis-Pernita Hestin Untari @ridwankamil
Survei CIGMark: Warga Jabar Kompak Dukung Ridwan Kamil Jadi Capres. JIBI/Bisnis-Pernita Hestin Untari @ridwankamil

Bisnis.com, JAKARTA – Survei terbaru dari CIGMark Research and Consulting menunjukkan Ridwan Kamil jauh mengungguli Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo dalam bursa calon presiden (capres) di Jawa Barat (Jabar).

Survei CIGMark diselenggarakan pada 12 hingga 28 September 2022 dengan jumlah sampel 825 responden di Jabar. Sampel dipilih menggunakan teknik multistage random sampling, dengan margin error kurang lebih 3,48 persen.

Saat simulasi Pilpres 2024 dengan menyodorkan 18 nama, Ridwan Kamil menjadi pilihan utama responden dengan memperoleh 39,2 persen suara. Pria yang memang saat ini jadi gubernur Jabar tersebut jauh mengungguli perolehan suara nama-nama capres beken lainnya.

“Di urutan kedua adalah Prabowo Subianto [23,5 persen], disusul Anies Baswedan [14,9 persen], dan Ganjar Pranowo [8,1 persen]. Sedangkan elektabilitas kandidat lainnya di bawah 5 persen,” jelas CEO CIGMark Panca Pratama dalam rilis tertulis, dikutip Senin (14/11/2022).

Tak hanya saat pernyataan tertutup, saat pertanyaan terbuka tanpa menyodorkan nama kandidiat, Ridwan Kamil tetap jadi pilihan utama responden dengan 22,1 persen suara.

CIGMark juga menghitung terkait loyalitas pendukung. Hasilnya, Kang Emil, panggilan Ridwan Kamil, juga menjadi sosok yang punya pendukung paling loyal sebesar 31,5 persen.

“Meninggalkan cukup jauh Prabowo Subianto yang selama ini cukup bersinar di Jawa Barat. Pemilih loyal Prabowo 16,1 persen, Anies Baswedan 9,5 persen, Ganjar Pranowo 5,1 persen,” ujar Panca.

Meski begitu, CIGMark mencatat angka swing voters masih cukup tinggi sebesar 32,6 persen.

Panca menilai, naiknya dukungan Ridwan Kamil tak lain karena faktor incumbent, persepsi keberhasilan kinerja, dan adanya sentimen identitas.

Dia pun mengingatkan, Jabar merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, Jabar harus jadi perhatian para peserta Pemilu 2024, baik pileg ataupun pilpres.

“Jawa Barat menjadi salah satu wilayah battle ground, wilayah ‘pertempuran’ antar kandidat peserta pemilu karena selain memiliki jumlah pemilih paling besar, Jabar memiliki keunikan dalam karakteristik pemilih,” jelas Panca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper