Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhir Oktober, Kemenkes Tambah Jutaan Stok Vaksin Covid-19

Kemenkes akan menambah jutaan stok vaksin Covid-19 pada akhir bulan Oktober 2022.
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito / www.covid19.go.id
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito / www.covid19.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menambah jutaan stok vaksin Covid-19 pada akhir bulan Oktober 2022.

"Pemerintah merencanakan penambahan stok vaksin untuk mengisi stok vaksin di beberapa daerah," kata Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia yang diakses secara daring dari Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Satgas juga mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan stok yang saat ini masih tersedia untuk melengkapi diri dengan vaksinasi mulai dari dosis pertama hingga dosis penguat.

"Tidak hentinya saya mengingatkan kepada masyarakat untuk segera memanfaatkan stok vaksin yang saat ini masih tersedia guna melengkapi diri dengan vaksinasi," ujar Wiku.

Satgas juga meminta pemerintah daerah untuk mengoptimalkan distribusi vaksin yang ada sampai tingkat kabupaten/kota.

"Pemerintah daerah juga perlu memastikan kebutuhan vaksinasi masyarakat terpenuhi, sampai dengan dosis lengkap," katanya.

Lebih lanjut,  vaksinasi merupakan tanggung jawab kolektif yang perlu dilakukan guna menciptakan kekebalan kelompok dari penularan Covid-19.

"Tanggung jawab kolektif ini bertujuan untuk menjaga kekebalan komunitas atau menciptakan 'herd immunity' agar tetap tinggi," tukasnya.

Berdasarkan hasil serosurvei terbaru pada bulan Agustus, bahwa kadar antibodi terhadap SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 masyarakat di Indonesia telah mencapai 98,5 persen.

"Hal ini tentunya harus terus dipertahankan bahkan jika bisa terus ditingkatkan untuk mewujudkan endemi," tuturnya.

Meskipun secara resmi pihak yang berhak menyatakan endemi adalah Badan Kesehatan Dunia (WHO), katanya, penting untuk masyarakat memperkuat protokol kesehatan dan vaksinasi dalam rangka mendukung perubahan status tersebut.

"Perilaku masyarakat pada akhirnya akan turut menentukan perubahan status ini. Dengan berhasilnya menekan kasus positif agar tetap rendah maka dapat dikatakan bahwa Indonesia sudah separuh jalan menuju endemi," demikian Wiku Adisasmito.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper