Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pluralisme di Inggris, Rishi Sunak Berdarah India hingga Wali Kota London Muslim

Parmjit Dhanda adalah keturunan Sikh Punjabi yang pernah menjabat sebagai anggota parlemen Inggris.
Parmjit Dhanda./Istimewa
Parmjit Dhanda./Istimewa

Parmjit Dhanda

Parmjit Dhanda adalah anggota parlemen Partai Buruh untuk Gloucester dari tahun 2001 hingga 2010. Dia lahir di London pada 17 September 1971 dari orangtua keturunan Sikh Punjabi. 

Dhanda bersekolah di Mellow Lane Comprehensive School sebelum melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar sarjana teknik elektronik dan MSc Teknologi Informasi di Universitas Nottingham.

Setahun setelah meninggalkan universitas, Dhanda diangkat sebagai salah satu penyelenggara Partai Buruh.  Dia menikahi Rupi, seorang pengacara keluarga, dan mereka memiliki dua putra berusia 7 dan 3 tahun.

Pengalaman politiknya pernah menjadi sukarelawan dan berkampanye untuk cabang Partai Buruh.

Pada tahun 1998, dia bekerja untuk serikat pekerja profesional di bidang komunikasi dan menjadi asisten penyelenggara nasional. 

Sejak tahun 1998 hingga 2002, Dhanda terpilih sebagai anggota dewan untuk wilayah London Hillingdon, seperti dilansir obv.org.uk.

Dhanda terpilih sebagai anggota parlemen pada tahun 2001 dan terpilih kembali pada tahun 2005 dengan peningkatan mayoritas pendukung yang beralih dari Tory (Partai Konservatif) ke Partai Buruh.

Dalam masa pemerintahan Perdana Menteri Gordon Brown, Dhanda diangkat sebagai ‘Whip’ di Departemen Perdagangan dan Industri (dari Mei 2005 hingga Mei 2006).

Dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri Parlemen untuk Anak-anak, Kaum Muda, dan Keluarga (Mei 2006 hingga Juni 2007).

Selain itu, sebagai Menteri Masyarakat dengan tanggung jawab untuk Komunitas, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Juni 2007 sampai September 2008).

Parmjit kehilangan kursinya dalam Pemilihan Umum tahun 2010. Setelah itu, dia menjadi Direktur non-Eksekutif Asosiasi Perumahan Hanover dan Pejabat Parlemen serta Kampanye untuk Prospect Trade Union.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper