Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Buntut Kasus Pembunuhan Shinzo Abe, Seorang Menteri Jepang Mengundurkan Diri

Menteri Revitalisasi Ekonomi Daishiro Yamagiwa mundur dari jabatannya setelah dituduh terlibat dengan kelompok pembunuh mantan PM Jepang, Shinzo Abe.
Erta Darwati
Erta Darwati - Bisnis.com 25 Oktober 2022  |  08:08 WIB
Buntut Kasus Pembunuhan Shinzo Abe, Seorang Menteri Jepang Mengundurkan Diri
Buntut Kasus Pembunuhan Shinzo Abe, Seorang Menteri Jepang Mengundurkan Diri. Seorang pria yang ditahan di dekat lokasi di mana mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak dari belakang oleh seorang pria selama kampanye pemilihan untuk pemilihan Majelis Tinggi 10 Juli 2022 di Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). Kyodo - via REUTERS
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Revitalisasi Ekonomi Jepang, Daishiro Yamagiwa mengundurkan diri pada Senin (24/10/2022) setelah dituduh memiliki hubungan dengan gereja unifikasi.

Adapun, gereja unifikasi saat ini berada dalam pengawasan setelah terjadi kasus pembunuhan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe. Pelaku pembunuhan diduga memiliki kaitan dengan gereja tersebut.

Dilansir dari ChannelNewsAsia, Selasa (25/10/2022), Yamagiwa menyatakan mundur dari jabatannya dan tak ingin tuduhan tersebut memengaruhi debat parlemen.

Lebih lanjut, Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida pada pekan lalu memerintahkan jajarannya untuk menyelidiki kelompok dalam gereja tersebut. Kebencian diduga menjadi motif pria yang menembak Shinzo Abe pada Juli lalu.

Gereja, yang secara resmi dikenal sebagai Federasi Keluarga untuk Perdamaian dan Penyatuan Dunia, membantah terlibat dalam aksi berdarah tersebut. Namun, keterkaitan pelaku dengan mereka telah tersebar dan menjadi isu utama di media massa.

Yamagiwa pun mendapat kecaman di parlemen menyusul laporan media lokal terkait dugaan dirinya berhubungan dengan kelompok tersebut. Meskipun mundur sebagai menteri, Yamagiwa menyatakan bahwa dirinya berencana tetap menjadi anggota parlemen.

Kishida menerima menerima surat pengunduran diri Yamagiwa pada Senin (24/10/2022) dan akan mengumumkan penggantinya pada har ini, Selasa (25/10/2022).

Adapun, peringkat persetujuan pemerintah anjlok menjadi 38 persen, menurut jajak pendapat terbaru oleh lembaga penyiaran publik NHK, Hal itu terjadi setelah pengungkapan tentang hubungan gereja unifikasi dengan Daishiro Yamagiwa.

Penyelidikan atas keterlibatan itu pun berpotensi membuat gereja kehilangan statusnya sebagai organisasi keagamaan bebas pajak, meskipun masih dapat terus beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang shinzo abe pm jepang
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top