Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Temui Perdana Menteri Palestina, Ini Isu yang Dibahas

Jokowi membahas sejumlah persoalan saat bertemu dengan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh.
Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (26/9/2022) menekankan pembentukan perusahaan rintisan (startup) perlu melihat kebutuhan pasar yang ada. JIBI/Bisnis-Akbar Evandio
Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (26/9/2022) menekankan pembentukan perusahaan rintisan (startup) perlu melihat kebutuhan pasar yang ada. JIBI/Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan telah membahas sejumlah persoalan saat kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (24/10/2022).

Pertama, Jokowi membahas mengenai kesatuan dan perjuangan bangsa Palestina, apalagi menurutnya dunia saat ini sedang menghadapi tantangan yang luar biasa.

Namun, disebutnya tantangan lama yaitu penyelesaian masalah Palestina belum berhasil diselesaikan secara damai dan adil.

Alhasil, Jokowi menyatakan bahwa dukungan internasional terhadap perjuangan Palestina perlu terus didorong dan saya tekankan pentingnya kesatuan di antara bangsa Palestina.

“Sejarah Indonesia menunjukkan bahwa kesatuan Indonesia yang membawa kita dapat merebut kemerdekaan. Oleh karena itu, proses rekonsiliasi perlu terus didorong dan Indonesia siap memfasilitasi rekonsiliasi faksi-faksi yang ada di Palestina. Saya juga menyampaikan dukungan Indonesia agar Palestina menjadi anggota penuh di PBB,” tutur Jokowi, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden.

Kedua, Kepala Negara juga membahas terkait dengan kerjasama ekonomi, di mana perdagangan kedua Negara disebutnya terus meningkat. Pada Januari sampai Juli 2022 naik 21,28 persen dibanding periode yang sama pada 2021.

Dia mengatakan bahwa Indonesia telah memberikan fasilitas unilateral berupa pembebasan bea masuk untuk kurma dan zaitun dari Palestina ke Indonesia dan akan diteruskan untuk produk-produk yang lain dari Palestina.

“Ini merupakan bentuk lain dukungan Indonesia kepada Palestina dan Indonesia berharap kerjasama ekonomi dapat terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang,” katanya.

Ketiga, Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan pembangunan kapasitas, apalagi dia mengatakan telah ditandatangani MOU perjanjian hibah bantuan Baru pemerintah Indonesia kepada Palestina.

Selain itu juga Indonesia, tutur Jokowi dalam proses penyaluran bantuan kepada Palestina melalui AMRA dan ICRC telah dilakukan bantuan ke Palestina bukan hanya dari pemerintah tetapi juga dari masyarakat sipil.

“Saat ini MUI juga tengah memproses pembangunan rumah sakit Indonesia di kota Hibron Palestina,” ujarnya.

Selain bantuan kemanusiaan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga melanjutkan bahwa Indonesia juga memberikan bantuan pengembangan kapasitas untuk mempersiapkan Palestina sebagai Negara yang merdeka.

“Dalam beberapa tahun terakhir Indonesia telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 2000 warga Palestina dan hari ini ditandatangani MOU pembangunan kapasitas untuk mendukung pendirian otoritas obat dan makanan independen di Palestina. Ke depan pemberian bantuan pengembangan kapasitas akan terus kita lakukan antara lain untuk UMKM e-commerce dan penanganan bencana,” pungkas Jokowi.

Terakhir, Jokowi kembali menegaskan komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper