Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terima Kunjungan PM Mohammad Shtayyeh, Jokowi: Palestina Sahabat Indonesia!

Jokowi menerima kunjungan kenegaraan PM Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).
Terima Kunjungan PM Mohammad Shtayyeh, Jokowi: Palestina Sahabat Indonesia / YouTube Sekretariat Presiden
Terima Kunjungan PM Mohammad Shtayyeh, Jokowi: Palestina Sahabat Indonesia / YouTube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang kepada Shtayyeh dan menyebut Palestina sebagai sahabat Indonesia.

“Selamat datang di Jakarta, yang Mulia PM Shtayyeh dan senang bisa bertemu kembali setelah pertemuan kita di Glasgow [Skotlandia]. Palestina adalah sahabat dekat Indonesia,” ujarnya, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/10/2022).

Lebih lanjut, Kepala Negara menjelaskan alasan kedekatan Indonesia-Palestina sudah berlangsung lama. Bahkan, Palestina disebutnya menjadi Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Tanah Air.

“Indonesia juga secara konsisten terus mendukung perjuangan bangsa Palestina dan saya berharap kunjungan yang mulia dapat semakin memperkokoh hubungan yang sudah baik ini,” kata Jokowi.

Berdasarkan pantauan Bisnis, PM Palestina Mohammad IM Shtayyeh masuk kedalam area Istana dengan menggunakan mobil kepresidenan. Mobil tersebut dikelilingi dengan pasukan pengamanan presiden (paspampres) yang berjalan kaki mengiringi dari gerbang masuk hingga di halaman depan Istana.

Selanjutnya, setelah tiba di halaman depan Istana, PM Shtayyeh disambut dengan tarian daerah dan sejumlah warga yang berpakaian adat daerah sambil melambaikan bendera kedua Negara dan kedatangan PM Palestina disambut langsung oleh Presiden Jokowi. 

Kemudian keduanya mengikuti prosesi acara penyambutan kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor. Prosesi penyambutan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu. Kemudian, keduanya menuju veranda dan terlihat asik berbincang-bincang.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan PM Shtayyeh melakukan penanaman pohon Meranti di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Terlihat Jokowi memberikan kendi berisi air untuk menyirami pohon yang ditanam bersama-sama. Penanaman pohon merupakan kegiatan rutin yang dilakukan saat menerima kunjungan resmi di Istana Kepresidenan.

PM Palestina merasa terhormat karena bisa menanam pohon di Istana Kepresidenan Bogor, apalagi tanaman tersebut merupakan pohon Yerusalem. 

“Terima kasih banyak. Ini adalah pohon Yerusalem di jantungnya Indonesia. Bapak Presiden terima kasih banyak untuk membuat ini terjadi. Barakallah,” kata PM Shtayyeh.

Acara dilanjutkan dengan melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi masing-masing. Selanjutnya, kedua Kepala Negara akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper