Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Penyebab Kecelakaan Pesawat Militer Rusia Hingga Tewaskan 13 Orang

Rusia mengungkap penyebab terjatuhnya pesawat militer di permukiman Yeysk, Rusia dekat perbatasan Ukraina hingga menyebabkan 13 orang tewas.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 18 Oktober 2022  |  15:29 WIB
Ini Penyebab Kecelakaan Pesawat Militer Rusia Hingga Tewaskan 13 Orang
Pesawat penumpang Sukhoi Superjet 100 milik maskapai Aeroflot terbakar setelah mendarat darurat di bandara Sheremetyevo, Moskow, Rusia, Minggu (5/5/2019) waktu setempat. - Reuters/Nadezhda Polomoshnova
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan Rusia memberikan pernyataan usai pesawat militer SU-34 yang membawa bom miliki militernya menghantam gedung apartemen di Yeysk, dekat perbatasan Rusia-Ukraina.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (18/10/2022) jet tempur Rusia membakar habis bangunan setelah lepas landas di pangkalan udara Yuzhny di dekatnya.

Hingga saat ini, korban tewas tercatat sebanyak 13 orang, termasuk tiga anak-anak. Adapun, penyebab kecelakaan pesawat tersebut ialah kebakaran pada mesin yang digunakan untuk menyerang pesawat lain.

Menurut Rusia, pesawat tersebut tengah melakukan latihan penerbangan dan membawa muatan ledak. Kedua pilot yang merupakan militer Rusia berhasil lolos dari jet sebelum menabrak gedung.

Dalam sebuah cuplikan video, terlihat setidaknya 5 lantai dari gedung di permukiman tersebut dilalap api. Di sisi lain, setidaknya satu pilot terlontar dari pesawat sebelum terjadi tabrakan.

Sementara itu, menurut Kantor Berita Rusia Tass mengatakan mayat-mayat ditemukan di bawah puing-puing. Kementerian kesehatan negara mengkonfirmasi tambahan 19 orang menderita luka-luka akibat kecelakaan.

Kecelakaan itu terjadi pada hari yang sama ketika Rusia melancarkan serangan udara berkelanjutan terhadap Kyiv dan kota-kota Ukraina lainnya dalam upaya menonaktifkan jaringan energi mereka dan membuat jutaan warga sipil kehilangan pemanas atau listrik.

Adapun, menurut media Rusia Bell, pesawat di Yeysk ini adalah jet militer Rusia ke-10 yang jatuh sejak Rusia meluncurkan invasi pada Februari. Mayoritas adalah pesawat serang dan pesawat angkut, termasuk dua SU-34 pada bulan lalu.

Kecelakaan itu juga menyoroti ketegangan perang 8 bulan di mesin militer Rusia. Itu terjadi hanya beberapa hari setelah beberapa tentara melepaskan tembakan ke sebuah kamp pelatihan di wilayah Belgorod.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecelakaan pesawat pesawat pesawat jatuh Rusia Ukraina
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top