Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Temuan Komnas HAM: Seluruh Pintu Stadion Kanjuruhan Terbuka!

Semua pintu Stadion Kanjuruhan telah dibuka oleh pihak penyelenggara usai pertandingan antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya. 
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 12 Oktober 2022  |  16:08 WIB
Temuan Komnas HAM: Seluruh Pintu Stadion Kanjuruhan Terbuka!
Komisioner Komnas Ham memaparkan hasil penyelidikan mereka terkait Tragedi Kanjuruhan, - JIBI/Szalma Fatimarahma
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Komisioner Komnas HAM Choirul Anam memastikan bahwa semua pintu Stadion Kanjuruhan telah dibuka oleh pihak penyelenggara usai pertandingan antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya. 

“Berdasarkan video eksklusif yang kami punya, pintu tribun di Stadion Kanjuruhan terbuka tapi memang hanya pintu kecil saja yang terbuka,” terang Anam di Gedung Komnas HAM, Jakarta, Rabu (12/10/2022). 

Namun, Anam menjelaskan, pintu tribun yang berukuran sebesar 75 cm x 180 cm itu hanya dapat dilewati oleh dua orang saja. 

Menurutnya, kecilnya pintu tribun itu lah yang menurut Anam menjadi penyebab adanya penumpukan para suporter Arema FC di beberapa titik.

Aremania kemudian harus berdesakan dan beberapa bahkan merenggang nyawa di pintu keluar itu. 

Adapun, Anam menegaskan, bahwa penembakan gas air mata yang dilakukan oleh aparat kepolisian masih menjadi alasan utama para penonton akhirnya harus berdesakan di beberapa pintu keluar stadion. 

“Penembakan gas air mata pertama kali ditembakkan ke tribun pada sekitar pukul 22.08 WIB. Ini yang mengakibatkan adanya kericuhan dan banyak korban meninggal,” tegas Anam. 

Sebelumnya, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) juga telah mengungkapkan fakta baru bahwa gas air mata yang digunakan dalam tragedi Kanjuruhan ternyata telah kadaluwarsa. Banyak dari gas air mata yang telah kadaluwarsa sejak 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komnas ham arema
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top