Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sejumlah Dokter Radiologi Belum Terima STR meski Telah Ujian Kompetensi

Sejumlah dokter spesialis radiologi mengaku tak menerima surat tanda registrasi (STR) setelah mengikuti ujian nasional kompetensi radiologi.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 10 Oktober 2022  |  14:40 WIB
Sejumlah Dokter Radiologi Belum Terima STR meski Telah Ujian Kompetensi
Ilustrasi - Dokter melihat hasil rontgen paru. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah dokter spesialis radiologi mengaku tak menerima surat tanda registrasi (STR) setelah mengikuti ujian nasional kompetensi radiologi yang diadakan oleh Persatuan Dokter Spesialis Radiologi (PDSRI).

Sekretaris Umum Kolegium Radiologi Indonesia Andi Darwis menegaskan bahwa Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Klinik Indonesia (PDSRKI) menjadi organisasi yang bertanggungjawab atas penerbitan surat tanda registrasi (STR) bagi para dokter radiologi.

Menurutnya, ketetapan tersebut dijalankan setelah Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menyatakan hanya akan menerima sertifikasi kompetensi yang dikeluarkan Kolegium Radiologi periode 2019-2023 yang berada di bawah naungan PDSRKI. 

"KKI mengatakan mereka cuma akan memproses pembuatan STR apabila sertifikat kompetensi itu ditandatangani oleh Ketua Kolegium Radiologi hasil Kongres Nasional ke XIII di Bali," tutur Darwis kepada wartawan di Jakarta, Senin (10/10/2022).

Dijelaskan, kekacauan muncul setelah sejumlah dokter mengaku tak menerima STR setelah mengikuti ujian nasional kompetensi radiologi oleh PDSRI. Pihaknya berupaya melakukan komunikasi dengan dekan maupun rektor pada masing-masing perguruan tinggi agar mengarahkan para mahasiswa kedokteran untuk mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh PDSRKI.

"Sejak awal Kolegium Radiologi sudah menyurati dan mengingatkan untuk mengarahkan pihak fakultas ikut ujian yang digelar PDSRKI agar tidak ada masalah pada penerbitan STR. Artinya kami sudah melakukan antisipasi tetapi mereka melakukan pembiaran," jelasnya.

Pihaknya akan selalu terbuka kepada para dokter yang akan melakukan ujian sertifikasi ataupun dokter yang akan melakukan resertifikasi STR.

Darwis menambahkan, sepanjang dokter radiologi telah mendapatkan sertifikat yang ditandatangani oleh Kolegium Radiologi, maka mereka akan memperoleh SIP dari KKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikatan dokter indonesia konsil kedokteran indonesia dokter dokter terawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top