Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Putin Sebut Ukraina Dalang Ledakan di Jembatan Krimea

Vladimir Putin menyebutkan ledakan Jembatan Kerch yang menghubungkan Krimea dengan Rusia didalangi pasukan militer Ukraina.
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut ledakan Jembatan Kerch yang menghubungkan Krimea dengan Rusia didalangi oleh pasukan militer khusus Ukraina.

Putin bahkan menyebut ledakan tersebut merupakanserangan teroris, yang bertujuan untuk menghancurkan infrastruktur krusial milik Rusia.

“Tak ada keraguan. Itu adalah serangan teroris yang bertujuan menghancurkan infrastruktur sipil penting Rusia. [Serangan] itu diperintahkan, direncanakan, dan dilakukan oleh pasukan khusus Ukraina," ujar Putin dikutip dari TASS, Senin (10/10/2022).

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Alexander Bastrykin, Kepala Komite Investigasi serangan tersebut. Menurutnya, warga Rusia dan negara asing turut membantu pasukan khusus Ukraina dalam mempersiapkan serangan di Jembatan Kerch.

Bastrykin mengatakan ahli forensik dan spesialis bahan peledak dari tim investigasi tiba di tempat kejadian tak lama setelah kejadian. Mereka langsung memeriksa tempat kejadian secara detail dan membuat membuat kesimpulan awal.

"Kami menangani kasus ini berdasarkan bagian kedua pasal 205 tentang terorisme, dan hal tersebut dikonfirmasi oleh data pada tahap awal penyelidikan. Mereka menginterogasi banyak saksi mata, melakukan studi ahli khusus, yang sebagian besar telah selesai,” ujar Bastrykin.

Dia mengaku sudah tahu rute truk sebelum diledakkan di Jembatan Kerch. Bahkan, lanjutnya, orang-orang yang terlibat dalam pengoperasian truk tersebut juga telah diidentifikasi.

“Ini adalah tindakan terorisme. Semua data kami dari tahap awal penyelidikan hari ini memungkinkan kami untuk menarik kesimpulan yang jelas,” tegasnya.

Sebelumnya, Jembatan Kerch yang menghubungkan Krimea ke Rusia terbakar setelah terdengar suara ledakan pada Sabtu pagi (8/10/2022) waktu setempat. Menurut saksi mata, suara ledakan terdengar beberapa kilometer, terjadi sekitar pukul 06.00 waktu setempat ketika sebuah kereta api sedang melintasi jembatan.

Jembatan Kerch sangat simbolis bagi Rusia dan merupakan rute pasokan logistik penting bagi pasukan Rusia di Krimea dan wilayah Ukraina Selatan yang mereka kuasai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper