Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mahkamah Agung Tolak Kasasi Moeldoko terkait KLB Demokrat Deli Serdang

MA menolak kasasi yang diajukan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko terkait KLB Partai Demokrat. 
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  14:26 WIB
Mahkamah Agung Tolak Kasasi Moeldoko terkait KLB Demokrat Deli Serdang
Moeldoko menyampaikan pidato perdana saat Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (5/3/2021). - Antara/Endi Ahmad
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat

Kasasi tersebut diajukan Moeldoko di Pengadilan Tata Usaha Negara melawan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Perkara dengan nomor 487 K/TUN/2022 ini diputus oleh ketua majelis Irfan Fachruddin serta dua hakim anggota yakni Yodi Martono Wahyunadi dan Is Sudaryono. 

"Amar putusan, tolak kasasi," seperti dalam amar putusan di laman MA, dikutip Senin (3/10/2022). 

Diketahui, Moeldoko melayangkan gugatan melawan Menkumham Yasonna H. Laoly dan Agus Harimurti Yudhoyono ke PTUN DKI Jakarta.

Gugatan itu terkait penolakan pengesahan perubahan susunan kepengurusan DPP Partai Demokrat masa bakti 2020-2025 dan pengesahan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat. 

Hakim PTUN pun menolak gugatan tersebut dengan alasan tidak memiliki kewenangan untuk mengadili perkara yang menyangkut internal partai politik. 

Dalam PTUN, Demokrat Moeldoko menggugat karena Yasonna menolak Kongres Luar Biasa (KLB) hasil Deli Serdang yang mengukuhkan Kepala Staf Presiden ini sebagai ketua umum dan pengurus sah.

Kubu Moeldoko juga sebelumnya melakukan gugatan ke Mahkamah Agung terkait Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Demokrat yang disetujui Yasonna dengan AHY sebagai ketua umum dan pengurus yang sah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai demokrat mahkamah agung moeldoko agus harimurti
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top