Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 4 Negara Komunis yang Masih Eksis, Ada Korea Utara

Komunis merupakan salah satu ideologi yang ada di dunia ini. Berikut beberapa negara komunis yang masih eksis hingga kini.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 01 Oktober 2022  |  09:50 WIB
Simak 4 Negara Komunis yang Masih Eksis, Ada Korea Utara
4 Negara Komunis yang Masih Eksis Hingga Kini (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komunis adalah salah satu ideologi yang diterapkan di beberapa negara. Hingga kini, eksistensi negara komunis masih ada. Simak ulasan berikut untuk dapatkan informasi seputar negara-negara yang menganut ideologi komunis.

Daftar Negara Komunis di Dunia
Negara komunis adalah negara yang menerapkan ideologi ekonomi dan politik tanpa kelas. Artinya, semua warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Jika dilihat dari segi ekonomi, pemerintah di negara komunis memastikan seluruh masyarakat memiliki kekayaan yang sama. Berdasarkan keterangan di situs World Population Review, berikut ini beberapa negara yang memiliki ideologi komunis.

1. Korea Utara

Negara Korea Utara merupakan salah satu negara yang menganut paham komunis. Ideologi komunis di negara ini dikenal dengan sebutan juche. Ideologi juche resmi menjadi ideologi di Korea Utara pada sekitar tahun 1970 dan dilanjutkan hingga kini.

Ideologi tersebut membuat negara ini mempunyai otoritas penuh atas sistem ekonomi di negaranya. Maka dari itu, tak heran jika negara yang berbatasan langsung dengan Korea Selatan ini terisolasi dengan dunia luar.

Tak hanya itu, masyarakat Korea Utara juga diketahui hidup di bawah pimpinan Kim Jong-Un yang terkenal otoriter. Bahkan, warga Korea Utara tidak mempunyai akses untuk bisa berhubungan langsung ke dunia luar.

2. Vietnam

Negara ini sudah menganut ideologi komunis sejak tahun 1975 saat negara tersebut bersatu kembali setelah terjadinya Perang Vietnam. Kemudian pada 1986, negara ini mengenalkan kebijakan yang disebut sebagai Doi Moi. Kebijakan ini yang mengubah sistem perekonomian vietnam dari komunis yang terpusat menjadi ekonomi kapitalis dan diatur oleh pasar.

Setelah reformasi ekonomi berlangsung, ekonomi dalam negeri Vietnam bertumbuh dengan baik. Meskipun demikian, Partai Komunis Vietnam masih melakukan monopoli kekuasaan di negara itu.

Pemerintah Vietnam bahkan dituduh membatasi kehidupan warganya. Media di sana sangat dijaga dengan ketat dan yang melawan rezim akan dipenjara. Secara resmi, Vietnam memang negara komunis, namun secara ideologi sebenarnya paham komunis sudah ditinggalkan.

3. Laos

Laos juga termasuk negara komunis yang ada di dunia. Negara ini sudah dipimpin rezim komunis dari tahun 1975. Partai komunis di negara ini memiliki nama Partai Revolusi Rakyat Laos atau LPRP.

Walaupun demikian, pemerintah Laos tidak secara terbuka menyebut komunis sebagai ideologi negaranya. Akan tetapi, kehidupan politik di negara ini terkenal sangat tertutup tanpa ada seorangpun yang mengetahui hal yang sedang terjadi di jalur kekuasaan negara tersebut.

Sama halnya dengan Vietnam, Laos juga telah melakukan perubahan ekonomi. Mereka mereformasi sistem ekonomi pada tahun 1986 dan sejak saat itu, ekonomi Laos semakin meningkat dan tingkat kemiskinannya menurun.

Tahun 1991, Laos menggunakan konstitusi yang menjamin HAM. Akan tetapi, beberapa hal seperti hak hidup, kebebasan untuk berekspresi, dan berkumpul tidak ada dalam konstitusi yang mereka buat.

Sama halnya dengan negara komunis lainnya, negara Laos juga mengatur media secara ketat. Pemerintah memiliki kendali atas konten yang diunggah masyarakat Laos lewat sosial media.

4. Kuba

Negara lain yang juga menganut paham komunis yaitu Kuba. Negara ini sudah dikuasai oleh rezim komunis sejak tahun 1959. Setelah komunis berkuasa, negara ini justru memiliki sejumlah perkembangan mulai dari infrastruktur yang semakin baik, fasilitas kesehatan semakin memadai, hingga pendidikan gratis.

Dari segi ekonomi juga mengalami perubahan. Perusahaan swasta mulai dinasionalisasikan. Sayangnya, kebebasan pendapat di negara ini terbatas bahkan bisa dikatakan tidak ada toleransi atas perbedaan pendapat.   

Itulah negara komunis yang masih eksis hingga saat ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Komunis negara sejarah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top