Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Perbedaan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Lahir Pancasila

Akhir-akhir ini, banyak masyarakat Indonesia yang sulit membedakan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Lahir Pancasila.
Arti lambang negara Indonesia
Arti lambang negara Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober, sedangkan Hari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni. Hal tersebut menjadi poin utama dari perbedaan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Lahir Pancasila.

Sebagai generasi penerus bangsa, memperingati hari bersejarah merupakan suatu kebiasaan yang tidak boleh dilupakan untuk mengenang  kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa, serta sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan.

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 153 Tahun 1967 disebutkan bahwa 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Peringatan tersebut dilakukan sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September  (G30S/PKI). 

Pada peristiwa G30S/PKI, terdapat 6 jenderal dan seorang perwira yang dibantai oleh sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Gejolak yang timbul akibat peristiwa Gerakan Satu Oktober (Gestok) sendiri akhirnya berhasil diredam oleh Tentara Nasional Indonesia beserta beberapa pihak lainnya.

Sebanyak 7 perwira militer Indonesia dibunuh pada 30 September sampai awal 1 Oktober 1965, dalam suatu usaha kudeta oleh PKI dengan dalih terdapat sejumlah petinggi militer yang akan mengkudeta pemerintahan resmi Presiden Soekarno.

Keenam jenderal dan satu letnan TNI AD yang dibunuh dan jasadnya ditemukan di Lubang Buaya, Jakarta Timur yang mana lubang tersebut memiliki kedalaman 12 meter dengan diameter 75 sentimeter  saat itu adalah Jenderal TNI (Anumerta) Achmad Yani, Letjen (Anumerta) Suprapto, Mayjen (Anumerta) MT Haryono, dan Letjen (Anumerta) Siswondo Parman. Lalu, Mayjen (Anumerta) DI Pandjaitan, Mayjen (Anumerta) Sutoyo Siswomihardjo, serta Letnan Satu Corps Zeni (Anumerta) Pierre Andreas Tendean.

Seluruh elite PKI yang diduga menjadi dalang peristiwa pembunuhan tujuh petinggi militer tersebut berhasil ditangkap dan dieksekusi.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merujuk dari Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat Jenderal Soeharto pada 17 September 1966. 

Surat tersebut mengisyaratkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dilakukan oleh seluruh pasukan Angkatan Darat dengan mengikutsertakan angkatan lainnya serta elemen masyarakat.

Kemudian ketujuh orang tersebut diberikan suatu kehormatan dengan menyandang gelar sebagai Pahlawan Revolusi oleh Soeharto ketika menjabat sebagai Presiden ke-2, serta ditetapkannya tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Setiap 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Lahirnya Pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Presiden pertama RI Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945. 

Pidato tersebut merupakan konsep dan rumusan awal "Pancasila" yang pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. 

Sejak itu, Pancasila terus mengalami perkembangan yang kemudian dihasilkanlah naskah Piagam Jakarta. Pada 22 Juni 1945, naskah Piagam Jakarta dihasilkan oleh Panitia Sembilan dan disepakati menjadi rumusan final pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. 

5 Sila yang terkandung dalam Pancasila adalah:

1. Ketuhanan yang Maha Esa


2. Kemanusiaan yang adil dan beradab


3. Persatuan Indonesia


4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam perwakilan


5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ileny Rizky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper