Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh Dewan Kolonel, Survei Buktikan Mayoritas Pendukung PDIP Masih Pilih Ganjar Daripada Puan

Mayoritas pendukung PDIP masih memilih Ganjar Pranowo daripada Puan Maharani, berdasarkan survei terbaru Charta Politica.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memimpin upacara peringatan HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (15/8/2022). /Dok.Istimewa 
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memimpin upacara peringatan HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (15/8/2022). /Dok.Istimewa 

Bisnis.com, JAKARTA – Mayoritas pendukung PDI Perjuangan (PDIP) masih memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo daripada Ketua DPR Puan Maharani, berdasarkan hasil survei Charta Politica yang dirilis pada hari ini, Kamis (22/9/2022).

Survei Charta Politica diselenggaran pada 6 hingga 13 September 2022 dengan jumlah sampel 1.220 responden. Sampel tersebar di 34 provinsi dengan teknik pemilihan menggunakan multistage random sampling.

Dari total responden, 21,4 persen merupakan pendukung PDIP. Saat simulasi pilpres dengan 10 nama calon presiden (capres), 69 persen pendukung PDIP memilih Ganjar, sedangkan yang memilih Puan hanya berjumlah 10 persen.

Selain mereka berdua, ada 8,4 persen pendukung PDIP yang memilih Prabowo Subianto. Lalu, 7,3 persen memilih Ridwan Kamil. Selanjutnya, ada 1,9 persen yang memilih Anies Baswedan.

Sedangkan untuk sisa lima nama capres lainnya dipilih kurang dari satu persen pendukung PDIP.

Dewan Kolonel

Sebelumnya, Politisi PDIP Johan Budi mengungkapkan dirinya membentuk Dewan Kolonel, sebuah tim untuk membantu Puan Maharani menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Johan mengatakan tim tersebut dibentuk sekitar tiga bulan lalu dan sekarang sudah beranggotakan 12 kader PDIP yang juga anggota DPR. Dia pun menegaskan, pembentukan Dewan Kolonel merupakan inisiatif perorangan bukan arahan pimpinan partai.

“Tim ini membantu Mbak Puan untuk jadi capres. Ini enggak ada kaitannya sama DPP lho ya, tapi kami di fraksi [PDIP DPR] ada sekelompok orang, ingin menjadi timnya Mbak Puan untuk persiapan Pilpres itu,” ungkapnya kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Johan juga mengatakan pembentukan Dewan Kolonel juga sudah lewat persetujuan Puan. Nantinya, tim tersebut akan melakukan rapat-rapat untuk mempersiapkan Puan jadi capres. Menurutnya, Dewan Kolonel sudah punya posko sendiri di daerah Menteng.

“Posko ada tapi kita belum gerak, kita nunggu keputusan ibu ketum [menentukan capres usungan PDIP],” jelasnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) tak mau kalah. Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer mengatakan dirinya bersama relawan Ganjar lainnya akan membentuk Dewan Kopral.

"Sudah diomongin, ide itu terlontar ketika merasa tertantang ada Dewan Kolonel. Relawan Ganjar isinya, pendukung Ganjar membuat Dewan Kopral," ungkap Immanuel, dikutip Kamis (22/9/2022).

Immanuel bahkan menegaskan dirinya akan menjadi ketua Dewan Kopral. Menurutnya, tim tersebut akan segera dideklarasikan di tiga daerah, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Oktober sudah terbentuk," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper