Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Heboh Dewan Kolonel, Survei Buktikan Mayoritas Pendukung PDIP Masih Pilih Ganjar Daripada Puan

Mayoritas pendukung PDIP masih memilih Ganjar Pranowo daripada Puan Maharani, berdasarkan survei terbaru Charta Politica.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 22 September 2022  |  18:42 WIB
Heboh Dewan Kolonel, Survei Buktikan Mayoritas Pendukung PDIP Masih Pilih Ganjar Daripada Puan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memimpin upacara peringatan HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (15/8/2022). - Dok.Istimewa 
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mayoritas pendukung PDI Perjuangan (PDIP) masih memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo daripada Ketua DPR Puan Maharani, berdasarkan hasil survei Charta Politica yang dirilis pada hari ini, Kamis (22/9/2022).

Survei Charta Politica diselenggaran pada 6 hingga 13 September 2022 dengan jumlah sampel 1.220 responden. Sampel tersebar di 34 provinsi dengan teknik pemilihan menggunakan multistage random sampling.

Dari total responden, 21,4 persen merupakan pendukung PDIP. Saat simulasi pilpres dengan 10 nama calon presiden (capres), 69 persen pendukung PDIP memilih Ganjar, sedangkan yang memilih Puan hanya berjumlah 10 persen.

Selain mereka berdua, ada 8,4 persen pendukung PDIP yang memilih Prabowo Subianto. Lalu, 7,3 persen memilih Ridwan Kamil. Selanjutnya, ada 1,9 persen yang memilih Anies Baswedan.

Sedangkan untuk sisa lima nama capres lainnya dipilih kurang dari satu persen pendukung PDIP.

Dewan Kolonel

Sebelumnya, Politisi PDIP Johan Budi mengungkapkan dirinya membentuk Dewan Kolonel, sebuah tim untuk membantu Puan Maharani menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Johan mengatakan tim tersebut dibentuk sekitar tiga bulan lalu dan sekarang sudah beranggotakan 12 kader PDIP yang juga anggota DPR. Dia pun menegaskan, pembentukan Dewan Kolonel merupakan inisiatif perorangan bukan arahan pimpinan partai.

“Tim ini membantu Mbak Puan untuk jadi capres. Ini enggak ada kaitannya sama DPP lho ya, tapi kami di fraksi [PDIP DPR] ada sekelompok orang, ingin menjadi timnya Mbak Puan untuk persiapan Pilpres itu,” ungkapnya kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Johan juga mengatakan pembentukan Dewan Kolonel juga sudah lewat persetujuan Puan. Nantinya, tim tersebut akan melakukan rapat-rapat untuk mempersiapkan Puan jadi capres. Menurutnya, Dewan Kolonel sudah punya posko sendiri di daerah Menteng.

“Posko ada tapi kita belum gerak, kita nunggu keputusan ibu ketum [menentukan capres usungan PDIP],” jelasnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) tak mau kalah. Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer mengatakan dirinya bersama relawan Ganjar lainnya akan membentuk Dewan Kopral.

"Sudah diomongin, ide itu terlontar ketika merasa tertantang ada Dewan Kolonel. Relawan Ganjar isinya, pendukung Ganjar membuat Dewan Kopral," ungkap Immanuel, dikutip Kamis (22/9/2022).

Immanuel bahkan menegaskan dirinya akan menjadi ketua Dewan Kopral. Menurutnya, tim tersebut akan segera dideklarasikan di tiga daerah, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Oktober sudah terbentuk," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ganjar pranowo pdip Pilpres 2024 puan maharani
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top