Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Amin Bicara Kriteria Pengganti Anies di DKI

Ma’ruf Amin menuturkan bahwa calon pengganti Anies yang akan dipilih merupakan sosok yang memahami Jakarta
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin turut merespon terkait akan berakhirnya masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 16 Oktober 2022.

Ma’ruf pun menuturkan bahwa penanggung jawab yang akan dipilih merupakan sosok yang memahami Jakarta dan akan mengikuti proses pemilihan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Saya kira prosesnya akan sama. Tentu pemerintah akan memilih orang yang bisa memahami Jakarta, orang yang pernah berkecimpung di Jakarta, dan tahu persis soal Jakarta,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (22/9/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum menerima usulan calon Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan yang akan memasuki purnatugas pada bulan depan.

"Belum, belum ada [usulan nama] sampai ke saya, mungkin baru sampai ke Mendagri," katanya kepada wartawan di Gerbang Tol Gabus, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (20/9/2022).

Lebih lanjut, Kepala Negara mengungkapkan ada banyak kriteria yang perlu dipertimbangkan untuk mengisi kursi tersebut sehingga Kemendagri masih menelaah semua nama calon yang masuk.

"Saya kira kriterianya banyak sekali nanti saja kalau sudah [ada usulan nama], nanti kita putuskan," imbuh Jokowi.

Sekadar informasi, Kemendagri belum mengumumkan tiga nama usulan calon Pj. Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI sudah mengusulkan tiga nama hasil Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) sembilan fraksi pada Selasa, (13/9/2022).

Ketiga nama tersebut adalah Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, dan Direktur Jenderal (Dirjen) Politik Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper