Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres: Ekosistem Industri Halal Harus Digalakkan

Wapres pastikan ekonomi keuangan syariah terus dikembangkan melalui berbagai program dan ekosistem untuk memajukan industri halal di Indonesia.
Wapres: Ekosistem Industri Halal Harus Digalakkan. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @najwashihab
Wapres: Ekosistem Industri Halal Harus Digalakkan. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @najwashihab

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menegaskan bahwa Pemerintah akan terus membangun ekonomi keuangan syariah melalui berbagai program dan pengembangan ekosistem untuk memajukan industri halal di Indonesia.

Penyebabnya, visi menjadikan Indonesia menjadi produsen produk halal pada 2024, terus menjadi fokus pemerintah. Industri ekonomi dan keuangan syariah yang terus berkembang perlu diupayakan untuk terus didukung oleh pemerintah bekerja sama dengan para pihak yang terkait.

"Upaya menumbuhkembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus terus kita kerjakan, kita galakkan, termasuk sektor unggulan industri halal dan ekosistemnya," ujarnya dalam sambutannya secara virtual pada acara Forum and Awarding Islamic Finance Summit 2022, Kamis (22/9/2022).

Wapres menyampaikan bahwa industri ekonomi keuangan syariah, khususnya perbankan dapat memberikan kontribusi yang besar dengan memanfaatkan beragam potensi dan kesempatan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Industri perbankan syariah diharapkan dapat mengambil peran yang lebih besar dalam pembangunan nasional, termasuk memanfaatkan berbagai potensi dan peluang dinamika ekonomi global," tuturnya.

Wapres menambahkan bahwa produk UMKM memiliki potensi yang besar dalam menembus pasar internasional, sehingga membutuhkan dukungan berbagai pihak yang menangani ekosistem halal.

Selain itu, Wapres menyebutkan pentingnya Global Halal Hub, sebagai wadah yang mampu menjadi solusi atas permasalahan UMKM, sehingga mampu mendorong kemajuan industri dan produk halal Indonesia yang memilki daya saing tinggi.

"Melalui Global Halal Hub, diharapkan permasalahan yang dihadapi UMKM, seperti pemasaran, pengemasan, SDM, pembiayaan, dan administrasi dapat diatasi," katanya.

Wapres berharap, strategi pengembangan ekosistem Global Halal Hub agar terus diarahkan pada kualitas produk, kuantitas produk, kontinuitas produk, hingga pemasaran digital.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Iggi Haruman Achsien menuturkan bahwa daya ungkit perekonomian dapat terus digali melalui potensi yang dimiliki Indonesia, sehingga dapat mengantarkan Indonesia mencapai pembangunan yang memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

"Segala potensi besar yang dimiliki Indonesia, seperti populasi, permintaan [demand], dan gaya hidup global yang semakin tumbuh di Indonesia dan dunia harus dimanfaatkan sebagai daya ungkit perekonomian," ujarnya.

Haruman mengatakan bahwa ekonomi dan keuangan syariah yang dikedepankan dalam perekonomian diharapkan menjadi lokomotif yang mengantarkan Indonesia mencapai tujuan pembangunan yang menyejahterakan dan berkeadilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper