Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Golkar Pede PKS Ingin Gabung KIB

Politisi Golkar meyakini bahwa PKS berminat untuk gabung dengan KIB.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 21 September 2022  |  14:46 WIB
Golkar Pede PKS Ingin Gabung KIB
Golkar Pede PKS Ingin Gabung KIB. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kanan) menandatangani nota kesepahaman dibentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada acara silaturahmi di Plataran Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua DPP Partai Golkar Lamhot Sinaga mengatakan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berniat untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sebagai informasi, saat ini KIB terdiri atas Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"PKS itu kan sekarang ya mau bergabung dengan KIB," ujar Lamhot kepada awak media di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, keinginan PKS untuk bergabung dengan KIB karena meski NasDem dan Demokrat sudah menetapkan pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres)-nya masing-masing, KIB belum secara resmi menetapkannya.

Dia menjelaskan, saat ini KIB masih fokus membentuk platform. Untuk capres-cawapres, sambungnya, masih akan dibicarakan pada tahapan akhir.

"[Capres-cawapres] wajib harus membawa platform yang sudah disepakati oleh KIB. Nah jadi semua ada tahapannya, sedangkan tahapan untuk capres-cawapres itu adalah tahap akhir, itu bab terakhir,” jelas Lamhot.

Lebih lanjut, soal isu yang menyebut PKS dan NasDem serta Demokrat tidak akur, Juru Bicara PKS Muhammad Kholid telah membantahnya.

Menurutnya, PKS lebih dekat dengan NasDem dan Demokrat daripada dengan KIB, meski dia tak menampik ada pembicaraan antara partainya dengan Golkar.

"PKS sedang mematang poros perubahan bersama Nasdem dan Demokrat. Terkait Golkar, kami juga jalin komunikasi tapi poros perubahan lebih maju perkembangannya. Peluang terbentuknya poros perubahan jauh lebih besar dibandingkan PKS ke KIB,"  jelas Kholid saat dihubungi lewat pesan singkat, Rabu (21/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pks nasdem partai demokrat koalisi partai
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top