Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gempa Magnitudo 7,6 Goyang Meksiko, Picu Tsunami

Tsunami kecil terjadi pasca munculnya gempa berkekuatan magnitudo 7,6 di Meksiko.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 September 2022  |  12:38 WIB
Gempa Magnitudo 7,6 Goyang Meksiko, Picu Tsunami
Ilustrasi seismograf. Alat ini merupakat perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa besar magnitudo 7,6 mengguncang Meksiko, Selasa 20 September 2022 pagi dinihari pukul 01.05 WIB atau siang hari pukul 13.05 (waktu setempat).

Gempa tersebut, berpusat di daratan dekat Pantai Pasifik Meksiko.

Informasi terkini, dapak gempa Meksiko berkekuatan 7,6 tersebut menyebabkan sedikitnya satu orang meninggal dunia dan menyebabkan banyak bangunan rumah dan gedung bertingkat mengalami kerusakan.

Saat ini pemerintah setempat masih terus mendata bangunan yang mengalami kerusakan dan kemungkinan bertambahnya korban meninggal dan luka-luka sebagai dampak gempa. Gempa ini juga memicu tsunami kecil di Pantai Manzanillo, Colima.

Dikutip dari akun instagram Daryono, Koordinator Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG, gempa dangkal ini terjadi karena dipicu adanya deformasi batuan dengan mekanisme naik (thrust fault) di zona megathrust Subduksi Meksiko dimana Lempeng Laut Cocos yang menunjam ke bawah Lempeng Amerika Utara.

Wilayah pesisir barat Meksiko merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks. Kondisi Tektonik dalam skala luas dari Pantai Pasifik Meksiko ini dikendalikan oleh sistem tumbukan lempeng yang membentuk sistem subduksi/tunjaman lempeng ke arah timur laut dari Lempeng Laut Cocos ke bawah Lempeng Amerika Utara dengan laju tunjaman lempeng sekitar 70 mm/tahun.

Berdasarkan sejarah gempa, peristiwa gempa kuat adalah kejadian umum di sepanjang zona subduksi Amerika Tengah. Dalam 50 tahun terakhir saja, telah terjadi sebanyak 13 kali gempa signifikan dengan magnitudo 6,5 atau lebih besar dalam jarak 250 km dari pusat gempa magnitudo 7,6 tadi pagi.

Pusat gempa Meksiko yang terjadi tadi pagi, tampak lokasinya berdekatan dengan gempa besar magnitudo 7,6 tahun 1973 and 1941. Berikutnya gempa dahsyat magnitude 8,0 pada 1985 yang merusak wilayah Michoacan, serta gempa magnitudo 7,5 pada 2003.

Gempa merusak di Meksiko yang paling populer adalah Gempa Micchoacan 19 September 1985 magnitudo 8,0 diikuti gempa susulan Mag. 7,6 yang menyababkan korban jiwa sebanyak 9.500 orang meninggal dunia.

Menariknya ada beberapa gempa besar di Meksiko yang terjadi pada tanggal 19 September, yaitu gempa kuat 1985, 2017, dan 2022. Gempa Puebla 19 September 2017 dengan magnitudo 7.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa gempa bumi meksiko tsunami
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top