Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Magnitudo 7,6 Goyang Meksiko, Picu Tsunami

Tsunami kecil terjadi pasca munculnya gempa berkekuatan magnitudo 7,6 di Meksiko.
Ilustrasi seismograf. Alat ini merupakat perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi./Antara
Ilustrasi seismograf. Alat ini merupakat perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa besar magnitudo 7,6 mengguncang Meksiko, Selasa 20 September 2022 pagi dinihari pukul 01.05 WIB atau siang hari pukul 13.05 (waktu setempat).

Gempa tersebut, berpusat di daratan dekat Pantai Pasifik Meksiko.

Informasi terkini, dapak gempa Meksiko berkekuatan 7,6 tersebut menyebabkan sedikitnya satu orang meninggal dunia dan menyebabkan banyak bangunan rumah dan gedung bertingkat mengalami kerusakan.

Saat ini pemerintah setempat masih terus mendata bangunan yang mengalami kerusakan dan kemungkinan bertambahnya korban meninggal dan luka-luka sebagai dampak gempa. Gempa ini juga memicu tsunami kecil di Pantai Manzanillo, Colima.

Dikutip dari akun instagram Daryono, Koordinator Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG, gempa dangkal ini terjadi karena dipicu adanya deformasi batuan dengan mekanisme naik (thrust fault) di zona megathrust Subduksi Meksiko dimana Lempeng Laut Cocos yang menunjam ke bawah Lempeng Amerika Utara.

Wilayah pesisir barat Meksiko merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks. Kondisi Tektonik dalam skala luas dari Pantai Pasifik Meksiko ini dikendalikan oleh sistem tumbukan lempeng yang membentuk sistem subduksi/tunjaman lempeng ke arah timur laut dari Lempeng Laut Cocos ke bawah Lempeng Amerika Utara dengan laju tunjaman lempeng sekitar 70 mm/tahun.

Berdasarkan sejarah gempa, peristiwa gempa kuat adalah kejadian umum di sepanjang zona subduksi Amerika Tengah. Dalam 50 tahun terakhir saja, telah terjadi sebanyak 13 kali gempa signifikan dengan magnitudo 6,5 atau lebih besar dalam jarak 250 km dari pusat gempa magnitudo 7,6 tadi pagi.

Pusat gempa Meksiko yang terjadi tadi pagi, tampak lokasinya berdekatan dengan gempa besar magnitudo 7,6 tahun 1973 and 1941. Berikutnya gempa dahsyat magnitude 8,0 pada 1985 yang merusak wilayah Michoacan, serta gempa magnitudo 7,5 pada 2003.

Gempa merusak di Meksiko yang paling populer adalah Gempa Micchoacan 19 September 1985 magnitudo 8,0 diikuti gempa susulan Mag. 7,6 yang menyababkan korban jiwa sebanyak 9.500 orang meninggal dunia.

Menariknya ada beberapa gempa besar di Meksiko yang terjadi pada tanggal 19 September, yaitu gempa kuat 1985, 2017, dan 2022. Gempa Puebla 19 September 2017 dengan magnitudo 7.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper