Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSSN dan Bareskrim Bareng-bareng Kejar Hacker Bjorka, Efektif?

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama dengan Bareskrim Polri sedang melacak keberadaan dan latar belakang hacker Bjorka.
Ilustrasi Hacker Bjorka/youtube
Ilustrasi Hacker Bjorka/youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama dengan Bareskrim Polri sedang melacak keberadaan dan latar belakang hacker (peretas) dengan akun nama Bjorka.

Kepala BSSN Hinsa Siburian mengatakan saat ini pihaknya sedang mencari tahu lebih dalam tentang Bjorka, hacker yang telah melakukan  serangan siber terhadap lembaga pemerintahan, perusahaan pelat merah, hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

"Bjorka nama-nya di media sosial, ini merupakan ciri dari ruang siber yaitu bisa menggunakan nama samaran. Untuk menemukan Bjorka butuh waktu dan koordinasi dengan  aparat terkait, khususnya Bareskrim," ujar  Hinsa kepada Media di Sawangan, Selasa (13/9/2022)

Hinsa menjelaskan koordinasi bersama dengan Bareskrim guna untuk mendapatkan latar belakang dan motif Bjorka untuk membocorkan data -data pemerintahan.

Dia pun menilai data - data yang dibocorkan hacker Bjorka sebagian merupakan data yang sudah diketahui oleh masyarakat.

"Ada data berulang, ada juga yang valid. Jadi tidak semuanya tidak valid," ujar Hinsa. 

Dia pun menegaskan untuk data tertentu biasanya memiliki klasifikasi dan masa berlaku tersendiri sehingga sampai saat ini pihaknya masih melakukan validasi terhadap data -data yang diduga dibobol Bjorka tersebut.

"Ini terkait forensik juga jadi masih divalidasi datanya," jelasnya

Dia pun mengatakan kelemahan siber di Indonesia saat ini berasal dari dua sumber, yaitu pertama dari sisi sumber daya manusia atau SDM, sedangkan kedua dari sisi kerentanan sistem digital lembaga tertentu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper