Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penampilan dan Foto Terakhir Ratu Elizabeth II Sebelum Meninggal Dunia 

Simak penampilan dan foto terakhir Ratu Elizabeth II sebelum meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022).
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 09 September 2022  |  12:32 WIB
Penampilan dan Foto Terakhir Ratu Elizabeth II Sebelum Meninggal Dunia 
Foto Ratu Elizabeth II bertemu PM Inggris Liz Truss yang baru saja dilantik - People
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ratu Elizabeth II tampil untuk yang terakhir, dua hari sebelum kematiannya, ketika secara resmi menunjuk perdana menteri (PM) baru Inggris Liz Truss pada Selasa (6/9/2022) lalu. Ini foto terakhir Ratu Elizabeth II sebelum meninggal dunia. 

Dilansir dari The People pada Jumat (9/9/2022), PM Truss melakukan perjalanan ke Kastil Balmoral — tempat Ratu secara tradisional menghabiskan musim panasnya — untuk pengangkatan secara resminya. Pertemuan itu menandai pertama kalinya Ratu Elizabeth mengangkat Perdana Menteri baru di Skotlandia.

Tampak dalam momen pertemuan tersebut, Ratu difoto sambil berjabat tangan dengan Truss dengan memegang tongkat dan tas tangan hitamnya.

Mantan PM Boris Johnson juga melakukan perjalanan ke Skotlandia untuk perpisahan secara resmi terhadap Ratu pada Selasa (6/9/2022) sebelum pengangkatan Truss.

Keputusan dibuat agar audiensi berlangsung di Kastil Balmoral, Skotlandia. Di tengah masalah kesehatan, kerajaan ingin menghindari masalah pengaturan alternatif pada menit terakhir seandainya Ratu berencana melakukan perjalanan ke London atau Kastil Windsor.

Mengangkat PM adalah salah satu tugas utama Ratu, yang tidak didelegasikan kepada putranya dan pewaris Pangeran Charles. Dalam beberapa bulan terakhir, Pangeran Charles mengambil lebih banyak peran atas nama Ratu di bulan-bulan sebelum kematiannya.

Meskipun dia bertemu PM pertamanya, Sir Winston Churchill, ketika dia turun dari pesawat yang membawanya kembali dari Kenya ke Inggris pada 1952, tetapi semua yang lain melihatnya di istana sebelum Truss, yang merupakan PM ke-15 yang ditunjuk oleh Ratu.

Setelah audiensi hari Selasa, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu tidak akan lagi memimpin pertemuan Dewan Penasihat yang dijadwalkan pada Rabu sehingga dia bisa beristirahat. Artinya, akan ada penjadwalan ulang terkait pertemuan tersebut.

“Setelah seharian penuh kemarin, Yang Mulia sore ini menerima saran dokter untuk beristirahat,” kata istana dalam sebuah pernyataan.

Adapun, Ratu Elizabeth II membuat penampilan publik lain sebelum kematiannya saat membuka gedung Thames Hospice baru dengan 28 tempat tidur di Maidenhead pada Juli.

Ditemani putrinya, Putri Anne, Ratu Elizabeth II tersenyum saat bertemu pasien Pat White serta mengobrol dengan staf dan sukarelawan. Dia bergerak dengan bantuan tongkat, yang telah dia gunakan secara teratur sejak Oktober karena masalah kesehatannya yang berkelanjutan.

Ini adalah kunjungan keempat Ratu ke badan amal tersebut. Dia pertama kali membuka Thames Hospice pada November 1987. Dalam beberapa tahun terakhir, Hospice telah dimodernisasi dan dibangun kembali di lokasi baru menyusul upaya penggalangan dana sebesar US$26 juta.

Badan amal rumah sakit telah menyediakan perawatan akhir hidup dan paliatif bagi orang-orang di daerah tersebut selama sekitar 30 tahun secara gratis, dan badan amal tersebut bergantung pada sumbangan untuk setengah dari biaya operasional tahunannya yang sebesar US$15,5 juta.

Ketua Pengawas Thames Hospice Jonathan Jones mengatakan setelah itu, “Kunjungan penting hari ini dibangun di atas hubungan yang telah terjalin lama antara keluarga kerajaan dan Thames Hospice.”

Dia mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut merupakan suatu kehormatan besar untuk menyambut Yang Mulia dan secara resmi membuka fasilitasnya. Ini pun menandakan bagaimana badan amal itu terus berkembang selama 35 tahun sejak kunjungan pertama Ratu.

Diketahui, Ratu Elizabeth II telah mengalami masalah kesehatan mobilitas episodik sebelum kematiannya. Kondisi kesehatan Ratu menurun dan berada dalam pengawasan tim dokter dari kerajaan sebelum beberapa jam dinyatakan meninggal dunia di umur 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ratu elizabeth inggris kerajaan inggris
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top