Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Detik-detik Penting Sebelum Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Simak momen penting yang perlu diketahui atau detik-detik sebelum Ratu Elizabeth II meninggal dunia.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 09 September 2022  |  10:41 WIB
Detik-detik Penting Sebelum Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia
Pangeran Charles dan Ratu Elizabeth II - Royal.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) di Kastil Balmoral, Skotlandia setelah kondisi kesehatannya menurun dan berada di bawah pengawasan tim dokter Kerajaan Inggris. Ratu dinyatakan meninggal pada usia 96 tahun. Kabar ini datang membawa duka mendalam bagi keluarga dan rakyat Inggris.

Dilansir dari The Guardian pada Jumat (9/9/2022), beirikut runutan momen penting yang terjadi menjelang Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Detik-detik Sebelum dan Sesudah Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia 

Pukul 12:00 Siang

Tanda sebuah peristiwa besar sedang berlangsung adalah ketika Nadim Zahawy, Perdana Menteri (PM) Kerajaan Lancaster, memasuki House of Commons tepat setelah tengah hari dan memulai pengarahan kepada PM Liz Truss, saat dia duduk mendengarkan pemimpin Partai Buruh, Keir Starmer, menanggapi pernyataannya tentang rencana energi.

Pukul 12:30 Siang

Istana Buckingham mengeluarkan pernyataan bahwa tim dokter mengkhawatirkan kesehatan Ratu dan telah merekomendasikan wanita berusia 96 tahun itu tetap di bawah pengawasan medis.

Pukul 12.35 Siang

Ketua House of Commons, Sir Lindsay Hoyle, menyela pidato pemimpin Westminster Scottish National Party Ian Blackford selama debat.

Dia meminta doa untuk kondisi Ratu saat itu, “Saya tahu saya berbicara atas nama seluruh dewan ketika saya mengatakan ini, kami mengirimkan harapan terbaik kami kepada Yang Mulia Ratu serta bahwa dia dan keluarga kerajaan ada dalam pikiran dan doa kami saat ini.”

Pukul 12:39 Siang

PM mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa seluruh negeri akan sangat berduka dengan berita dari Istana Buckingham saat makan siang ini.

“Pikiran saya – dan pemikiran orang-orang di seluruh Inggris Raya – bersama Yang Mulia Ratu dan keluarganya saat ini,” tambahnya.

Pukul 13:00 Siang

Dikabarkan bahwa para anggota senior keluarga kerajaan pergi menuju ke Balmoral untuk bergabung dengan Ratu dan Pangeran Charles.

Ketika politisi senior dan pemimpin dari seluruh dunia mulai mengeluarkan pernyataan yang mengharapkan kondisi Ratu pulih kembali, masyarakat berkumpul di lokasi termasuk Istana Buckingham dan Kastil Windsor.

Pukul 16:30 Sore

PM Truss diberitahu oleh sekretaris kabinet, Simon Case, bahwa Ratu telah meninggal.

Pukul 17:00 Sore

Setelah penerbangan ke Skotlandia dari RAF Northolt, iring-iringan yang membawa anggota keluarga kerajaan terlihat tiba di Balmoral. Pangeran William terlihat mengendarai Range Rover, yang juga membawa Pangeran Andrew serta Pangeran Edward dan istrinya, Sophie, Earl of Wessex.

Pukul 18:30 Malam

Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu telah meninggal pada usia 96 tahun.

“Ratu meninggal dengan damai di Balmoral sore ini,” berdasarkan pernyataan Istana.

Pukul 18:40 Malam

Sebuah pernyataan resmi yang mengumumkan kematian Ratu ditempatkan di luar Istana Buckingham, di mana kerumunan orang telah berkumpul selama beberapa jam untuk mendukung kondisi Ratu.

Pukul 19:04 Malam

Istana Buckingham mengeluarkan pernyataan pertama oleh Pangeran Charles sebagai raja yang menyampaikan rasa kesedihan yang mendalam atas kematian ibunya.

“Kematian ibu tercinta saya, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya. Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang Penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai,” ungkapnya.

Pukul 19:05 Malam

PM Truss memuji Ratu sebagai “tonggak di mana Inggris modern dibangun,” di luar Downing Street, saat dia memimpin penghormatan kepada ratu terlama di negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ratu elizabeth kerajaan inggris meninggal dunia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top