Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Pesawat NC212i yang Dibicarakan Jokowi dengan Marcos Jr

Jokowi membahas pembelian pesawat NC212i oleh Filipina saat melakukan pembicaraan dengan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr.
Pesawat NC212i diprolduksi PT Dirgantara Indonesia./Istimewa
Pesawat NC212i diprolduksi PT Dirgantara Indonesia./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas pembelian pesawat NC212i oleh Filipina saat melakukan pembicaraan dengan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr.

"Saya berharap agar rencana pembelian pesawat NC212i dari PT Dirgantara Indonesia dapat direalisasikan," katanya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (5/9/2022).

Pesawat NC212i merupakan kapal terbang multiguna generasi terbaru dari NC212 yang memiliki kapasitas 28 penumpang, memiliki ramp door, kabin yang luas di kelasnya.

Dikutip dari situs web PT Dirgantara Indonesia, pesawat ini memiliki sistem navigasi dan komunikasi yang modern, biaya operasional rendah, tetapi tetap kompetitif di pasar pesawat kecil.

Bahkan, NC212i merupakan salah satu pesawat terbaik di segmen pesawat ringan. Penyebabnya, kapal terbang ini memiliki desain yang sederhana yang juga memudahkan untuk proses perawatan.

NC212i digunakan sebagai pesawat penumpang reguler maupun VIP, kargo, pembuat hujan buatan, transportasi pasukan payung dan evakuasi medis peralatan untuk masing-masing kebutuhan bisa dibongkar pasang.

Pesawat sepenuhnya dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia, artinya satu-satunya industri yang saat ini memproduksi pesawat NC212i.

Sejak 2014, PT Dirgantara Indonesia satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i.

Saat ini terhitung sebanyak 118 unit pesawat NC212i yang telah diproduksi dan dikirimkan PT Dirgantara Indonesia ke berbagai pembeli dari dalam maupun luar negeri. Itu dari total sebanyak 602 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.

Spesifikasi Pesawat NC212i

Pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia ini memiliki desain monoplane sayap tetap yang ringan.

Dua sayap utama dipasang tinggi dan ekor konvensional. Dilengkapi pendaratan tipe 3 roda yang tidak bisa ditarik. Pesawat melakukan take-off dan mendarat di landasan pacu yang belum diaspal.

Pesawat NC212i bisa terbang untuk kisaran 1.490 kilometer dengan bahan bakar maksimum dan beban 2.060 kilogram. Sedangkan jangkauan beban maksimum 3.000 kilogram, yakni 383 kilometer.

Hal ini didukung kecepatan jelajah maksimum pesawat berat lepas landas maksimum 361 kilometer perjam, sedangkan kecepatan jelajah jarak jauh adalah 301 kilometer perjam.

Kokpit dari pesawat ini menampung dua awak yang dilengkapi avionik generasi baru dan sistem autopilot untuk memberikan keamanan penerbangan. Itu sekaligus mengurangi beban kerja awak.

Secara umum, pesawat NC212i menawarkan performa yang tinggi dengan berbagai macam konfigurasi yang terbukti tangguh dalam berbagai jenis lingkungan dan mis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper