Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 5 Alat Musik Petik Tradisional dan Modern, Ada Sasando

Alat musik petik merupakan sebuah alat musik yang bisa mengeluarkan suara saat dipetik.
Alat musik petik Sasando
Alat musik petik Sasando

Bisnis.com, JAKARTA - Alat musik petik dimainkan dengan tangan atau alat untuk menghasilkan nada dari dawai. Ada banyak jenis alat musik yang menghasilkan nada Ketika dipetik. Suara yang dihasilkan dari instrumen musik antara lain ditiup, digesek hingga ditekan. 

Instrumen musik petik ini mengeluarkan suara yang indah dari senar dan lubang dari alat musik. Contoh alat musik petik modern yaitu gitar, ukulele dan guitalele. Namun, sebagian alat musik yang memiliki senar, perlu digesek menggunakan alat bantu seperti biola dan cello. 

Berikut ini contoh alat musik petik yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Ukulele 

Ukulele merupakan alat musik tradisional yang berasal dari kepulauan Hawaii. Alat musik petik ukulele memiliki berbagai jenis ukuran. Umumnya dikenal empat jenis ukulele yaitu, Soprano, Concert, Tenor dan Baritone. Alat musik dengan ukuran sekitar 50 cm ini memiliki suara yang khas. 

Dapat dikatakan juga bahwa alat musik yang satu ini kecil-kecil cabe rawit. Ia cukup mudah untuk dimainkan, tetapi dapat menghasilkan nada yang indah dan khas jika kamu bisa menggunakannya. Di Indonesia sendiri, alat musik yang satu ini sering kali dipopulerkan oleh beberapa musisi seperti Budi Doremi, payung Teduh dan masih banyak yang lainnya. 

2. Katadu Mara 

Instrumen musik ini biasanya ditampilkan oleh sekelompok anak muda di malam hari sebagai hiburan. Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipetik seperti gitar. Perbedaannya, alat musik ini hanya memiliki dua dawai yang terdiri dari nada sol dan do. Pemain katadu mara menggunakan jari telunjuk, jari tengah, jari kelingking dan jari manis untuk menekan dawai. 

Katadu mara dimainkan oleh tiga orang, pertama sebagai pemusik melodi,pemain kedua sebagai pengiring, dan pemain ketiga sebagai pengisi. 

3. Banjo 

Banjo merupakan alat musik yang mirip gitar namun ia memiliki bagian tubuh yang bulat. Banjo memiliki jumlah dawai dari 4 hingga 6 seperti gitar dalam sejarahnya, ia dikembangkan oleh budak-budak Afrika di Amerika Selatan. 

Sesuai dengan asal daerahnya,  banjo biasa digunakan untuk mengiringi musik country yang merupakan musik khas Amerika Selatan. Alat musik ini juga banyak digunakan dalam aliran musik country atau bluegrass bahkan folk. Dalam beberapa kesempatan, penyanyi terkenal seperti Taylor Swift juga sering membawakan lagu dengan instrument banjo. 

4. Harpa 

Alat musik ini dikenal karena ukurannya cukup besar. Tingginya mencapai 180 cm, berbentuk sedikit seperti angka 7, dan memiliki 47 senar dengan Panjang yang bervariasi yang disetel ke nada tuts piano putih. 

Setiap senar membunyikan nada yang berbeda dan mereka dibuat dalam warna yang berbeda untuk membantu membedakan satu sama lain. Kamu bisa memainkannya dengan memetik senar dari ujung jari dan ibu jari. 

5. Sasando 

Alat musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur dan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik ini mirip dengan alat musik petik lainnya akan tetapi harmoni nada yang dihasilkan memiliki rasa yang berbeda. 

Sasando juga memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan berdasarkan jumlah dawai yang dimilikinya, yaitu Sasando Engkel (28 dawai), Sasando Dobel (56-84 dawai) dan lain-lainnya. Saat ini sasando sudah bisa ditemukan dalam versi elektroniknya. 


Itulah alat musik petik dari modern hingga tradisional, semoga bisa bermanfaat untuk anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper