Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 10 Alat Musik Jawa barat Populer, Beserta Cara Memainkannya

Alat musik tradisional jawa barat sangat beragam. Mulai dari angklung, terompet, karinding dan masih banyak yang lainnya. 
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 31 Agustus 2022  |  20:19 WIB
Simak 10 Alat Musik Jawa barat Populer, Beserta Cara Memainkannya
Angklung merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alat musik tradisional Jawa Barat yang paling popular adalah angklung. Tapi, ternyata Jawa Barat memiliki alat musik lainnya. Provinsi Jawa Barat dikenal dengan ragam keseniannya seperti tarian-tarian, rampak gendang hingga kuda renggong yang diiringi oleh paduan musik dimainkan alat-alat musik tradisional. 

Indonesia memang sebuah negeri yang sangat kaya akan budayanya. Berbeda daerah, maka berbeda juga budaya dan adat istiadatnya. Masing-masing daerah memiliki alat musik tradisional sendiri. Instrumen tradisional sudah berumur puluhan hingga ratusan tahun lamanya. Kebanyakan berbentuk sederhana dan terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan dari alam seperti kayu atau bambu. 

Jawa barat memiliki begitu banyak kebudayaan budaya yang ada dari waktu ke waktu. Mereka mempertahankan tradisi seperti melakukan ritual local, pakaian tradisional, tarian tradisional, lagu tradisional hingga alat musik tradisional. 

Berikut beberapa alat musik dari Jawa Barat yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Angklung 
Alat musik angklung terbuat dari bambu dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menimbulkan suara yang khas dan indah untuk didengar. Cara membunyikannya dengan cara digoyangkan. Masing-masing memiliki nada yang berbeda-beda sesuai ukurannya. Dalam sebuah Balai Besar Kerajinan dan Batik menyebutkan bahwa angklung merupakan salah satu warisan budaya dunia dan sudah ditetapkan oleh UNESCO. 

2. Karinding 
Karinding adalah alat musik tiup yang terbuat dari pelepah aren dan bambu. Keunikan dari alat musik ini adalah suara yang dihasilkan tingkat desibel yang rendah atau ultrasonic. Getarannya hanya dapat didengar oleh serangga. Pada zaman dulu, karinding digunakan sebagai kaulinan atau mainan untuk mengusir rasa bosan petani di sawah sekaligus untuk mengusir hama, dan sering kali dimainkan oleh anak-anak. 

3. Calung 
Calung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu. Calung sering dimainkan bersamaan dengan alat musik khas Sunda lainnya seperti angklung. Calung terbuat dari bambu pilihan yang sering disebut sebagai Awi Wulung dan Awi Temen. Bahan bambu yang berkualitas diklaim bisa menjadi sumber suara yang bagus dari calung. 

4. Rebab 
Rebab merupakan alat musik gesek yang berbentuk menyerupai biola dan terbuat dari bahan kayu yang bagus dan terdapat beberapa dawai sebagai penghias untuk menghasilkan irama. Dulunya, rebab terbuat dari tembaga dengan tiga senar yang melekat. Rebab dimainkan dengan cara menggesek senarnya seperti cara memainkan biola. 

5. Jentreng 
Jentreng atau yang dikenal juga dengan sebutan Tarawangsa adalah alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari kayu berkualitas lengkap dengan senarnya. Jentreng memiliki bentuk yang mirip dengan kecapi, tetapi jentreng hanya memiliki 7 senar dan ukurannya lebih kecil dari kecapi. 

6. Arumba 
Arumba merupakan gabungan dari berbagai alat musik Jawa barat yang terbuat dari bambu seperti angklung dan calung Sunda untuk menghasilkan harmoni yang luar biasa dalam musik. Keterpaduan alat musik ini disebut sebagai arumba yang dapat dijumpai pada beberapa upacara adat di Jawa Barat. alat musik ini dikenal oleh masyarakat Jawa Barat sejak tahun 1971. 

7. Celempung 
Celempung ini juga terbuat dari bambu. Lebuh khusus lagi, memiliki kombinasi kulit bambu dan bagian-bagian bambu. Ini akan memberikan suara yang unik dengan begitu banyak integrasi hebat antara materi-materi ini. Celempung dimainkan dengan cara mengetuk bambu dengan irama tertentu menggunakan palu khusus. 

8. Jengglong 
Alat musik khas Jawa Barat ini dimainkan dengan cara dipukul. Jengglong memiliki bentuk seperti kecapi yang mirip dengan gong, hanya saja ukurannya lebih kecil. Jengglong berfungsi sebagai pembuat nada dasar dan kerangka lagu dalam seni gamelan.

9. Kendang 
Kendang Sunda biasanya terdiri dari tiga buah kendang, yaitu satu kendang indung berukuran besar dan dua kendang anak yang lebih kecil. Kendang ini terbuat dari kayu kelapa, cempedak atau Nangka dan kulit hewan untuk bagian membrannya. Seperti gendang yang berasal dari daerah lainnya, cara memainkan kendang ini adalah dipukul atau ditepuk. 

10. Terompet 
Terompet biasa digunakan sebagai alat pengiring kesenian, seperti pencak silat, reog, adu domba dan lain-lain. Terompet terbuat dari kayu dan memiliki tujuh lubang. Lubang tersebut akan menghasilkan bunyi-bunyi yang indah Ketika dimainkan. Cara memainkan alat musik ini dengan cara ditiup. 

Itulah alat musik tradisional jawa barat yang wajib kamu ketahui, agar bisa melestarikan kebudayaan jawa barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik Alat Musik jawa barat musik tradisional
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top