Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengamat: Prabowo Maju Lagi Untuk Ganjal Anies di Pilpres 2024

Prabowo Subianto dituding sengaja maju kembali jadi capres untuk mengganjal Anies Baswedan di Pilpres 2024.
Pangi Syarwi Chaniago./Antara
Pangi Syarwi Chaniago./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai keputusan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju kembali jadi calon presiden (capres) untuk mengganjal kans Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Pangi menjelaskan, basis pemilih Prabowo dan Anies sama. Akibatnya, meski Anies punya elektabilitas yang bagus, namun pemilihnya akan terpecah dengan pemilih Prabowo.

“Majunya Prabowo tentu saja menghambat ruang gerak Anies Baswedan. Anies belum tentu bisa mulus menjadi calon presiden maupun wakil presiden,” jelas Pangi dalam keterangan tertulis, Rabu (24/8/2022).

Dia melanjutkan, berdasarkan data crostabb  by column Voxpol Center Research and Consulting pada Maret 2022, sebesar 55,9 persen pemilih Gerindra memilih Prabowo sebagai presiden, sementara sebesar 44,7 persen pemilih Gerindra juga memilih Anies. Artinya, pemilih Prabowo dan Anies akan terpecah jika mereka sama-sama maju sebagai capres di Pilpres 2024.

“Dengan demikian, majunya Prabowo sebagai capres tentu saja semakin menutup ruang Anies untuk mendapatkan ‘boarding pass’ dari partai politik,” lanjutnya.

Di sisi lain, menurut Pangi, keputusan Prabowo maju kembali malah akan memperbesar peluang Ganjar karena basis pemilih mereka berbeda. Akibatnya, para pemilih Anies akan semakin solid.

“Basis ceruk segmen Ganjar tetap tidak terbelah, semakin solid dan bulat,” ujar Pangi.

Oleh sebab itu, dia berpendapat, Prabowo sengaja maju kembali jadi capres untuk memecah-belah suara pemilih Anies. Menurut Pangi, Prabowo tak terlalu memikirkan menang dan kalah dalam Pilpres 2024, sebab akan selalu ada kesepakatan di belakang layar.

“Hasil diujung  dalam politik selalu ada deal-deal politik di belakang layar, karena [Prabowo] cukup  berhasil menganjal Anies sebagai calon potensial capres 2024,” jelasnya.

Seperti diketahui, Prabowo telah menyatakan siap menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Dia mengatakan keputusan diambil setelah mendengar dan mempelajari secara seksama permohonan para kadernya yang meminta dirinya maju kembali sebagai capres.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan untuk presiden republik Indonesia," ujar Prabowo dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul International Convention Center, Bogor, Jumat (12/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper