Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bacaan 2 Kalimat Syahadat Lengkap, Beserta Makna dan Artinya

Bacaan dua kalimat syahadat mengandung nilai penetapan misi yang merupakan bagian dari prinsip ketangguhan pribadi
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 23 Agustus 2022  |  19:21 WIB
Bacaan 2 Kalimat Syahadat Lengkap, Beserta Makna dan Artinya
Nabi Muhammad SAW taudalan umat Islam - NU.or.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Syahadat memiliki kedudukan penting dalam Islam. Membaca dua kalimat syahadat bahkan menjadi rukun islam yang pertama. Setelah syahadat, barulah rukun islam yakni sholat, puasa, zakat, dan naik haji jika mampu. 

Syahadat dalam Bahasa Indonesia berarti persaksian atau bentuk kesaksian dan pengakuan seorang muslim. Lewat bacaan syahadat, seorang muslim menyatakan kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah Rasul Allah. 

Selain dibaca ketika shalat, seseorang hendak memeluk agama Islam pun harus melafalkan dua kalimat syahadat sebagai syarat wajibnya. Sebab, syahadat ini berarti menjadi janji atau bukti kesaksian orang tersebut untuk tidak mengingkari kesaksiannya yang dipilihnya. 

Berikut ini penjelasan tentang syahadat yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Pengertian syahadat

Dikutip dari Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan UIN Sumatera Utara, kata syahadat berasal dari Bahasa Arab, yaitu syahida yang berarti telah bersaksi. Arti syahadat secara harfiah adalah memberikan kesaksian dan memberikan pengakuan. Setelah mengikrarkan dua kalimat syahadat dan mengetahui makna yang terkandung di dalam keduanya dan segala konsekuensinya, manusia lantas dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Beriman dan bertaqwa kepada Allah, menjalankan segala perintah dan menjauhi semua larangannya, menyembah hanya kepada Allah tanpa menyekutukannya sedikitpun dengan sesuatu apapun merupakan bentuk implementasi terhadap kalimat tauhid. Selalu mengikuti sunnah Nabi, ittiba’, tidak taklid dan ikut-ikutan dalam mengerjakan sesuatu amalan ibadah, terlebih lagi menjauhi segala perbuatan bid’ah apapun bentuknya sebagai bentuk utama dari penerapan sekaligus konsekuensi terhadap kalimat syahadat. 

Dua kalimat syadat

Syahadat yaitu ucapan “ayshadu alla ilaha illallah wa ayshadu anna Muhammadarsasulullah” (aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya). Syahadat terdiri dari dua kalimat persaksian yang disebut dengan Syahadatain, yaitu: 

Ayshadu an-la ilaha illallah yang artinya saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah 
Wa ayshadu anna muhammada Rasulullah yang artinya dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. (Hamid Ahmad At-Thahir, 2010) 

Pernyataan kalimat syahadat dengan lisan paling tidak diucapkan satu kali seumur hidup sebagai pernyataan awal bagi pemeluk agama Islam. Rukun Iman yang paling fundamental yang diajarkan oleh Allah adalah keesaan Allah (Tauhid). Hal ini diekspresikan dalam kalimat syahadat pertama yang berbunyi laa ilaha illallah, yang berarti “tiada Tuhan selain Allah”. Ekspesi iman ini membedakan orang muslim sejati dengan orang kafir (yang tidak beriman). 

Makna kalimat syahadat

1. Sebagai pengakuan ketauhidan

Tauhid adalah apabila seseorang muslim hanya meyakini Allah sebagai satu-satunya Tuhan dan tidak ada Tuhan selain diri-Nya. Dengan mengikrarkan pengakuan tersebut, seorang muslim telah mengukuhkan diri untuk menjadikan Allah SWT sebagai tujuan, motivasi dan satu-satunya jalan hidup. 

2. Pengakuan kerasulan

Dengan mengikrarkan dua kalimat syahadat, seorang muslim juga telah meneguhkan diri untuk mempercayai dengan sepenuh hati bahwaajaran Allah disampaikan melalui seorang Rasul Bernama Muhammad. 

3. Ikrar menjalankan ajaran agama islam

Ikrar adalah pernyataan seorang muslim mengenai kesungguhan akan keyakinanya. Apabila seseorang mengucapkan dua kalimat syahadat, makai a memiliki tanggung jawab untuk menegakkan dan memperjuangkan apa yang ia ikrarkan. Ia juga bersedia menerima akibat dan risiko apapun dalam mengamalkan ajaran agama islam yang telah diterimanya sebagai agama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Syahadat doa kumpulan doa islam
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top