Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Mimpi Buruk, Agar Tidur Kamu Bisa Lebih Nyenyak

Terkadang kita sering dihantui oleh mimpi buruk, untuk itu kita disarankan untuk membaca doa mimpi buruk.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 23 Agustus 2022  |  10:57 WIB
Doa Mimpi Buruk, Agar Tidur Kamu Bisa Lebih Nyenyak
Ilustrasi mimpi saat tertidur - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mimpi merupakan bunga tidur yang ada kalanya dapat diingat atau dilupakan. Mimpi dapat berisi berbagai kejadian, seperti mendapat kabar Bahagia, mengharukan, menegangkan, hingga menakutkan atau mimpi buruk. Untuk mencegahnya, kamu bisa membaca doa mimpi buruk kepada Allah SWT untuk mendapatkan perlindungan dari-Nya. 

Di dalam agama Islam, mimpi yang mengganggu seseorang dan membuatnya tetap terjaga dating dari gangguan syaitan. Secara umum, mimpi yang dilihat orang adalah mimpi baik yang berasal dari Allah SWT, biasanya berupakan refleksi dari hal-hal yang dipikirkan dan diharapkan seseorang. 

Berikut doa mimpi buruk yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Mimpi buruk merupakan mimpi mengganggu yang terkait dengan perasaan negatif, seperti kecemasan atau ketakutan yang membuat tubuh tetap terjaga. Menurut medis yang dilansir dari Mayo Clinic, sebenarnya mimpi buruk adalah efek samping dari kurang tidur, stress, maupun Ketika seseorang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. 

Jika kamu mengalami mimpi buruk, kamu bisa langsung membaca doa mimpi buruk dan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Ada doa yang dianjurkan untuk dibaca Ketika sedang mengalami mimpi buruk. Di riwayatkan oleh Ibnu Sinni, doa pertama adalah sebagai berikut:

“Huwallahu, Allahu rabbi, la syarika lahu. A’idzu bikalimatillahit tamati min shadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni”

Artinya: Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya. Kejahatan para hamba-Nya dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu. 

Doa mimpi buruk yang singkat:

“Allahumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam”

(Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi)

Sunnah dari Rasulullah Setelah mengalami Mimpi Buruk 

1. Meludah ke kiri sebanyak tiga kali 

Dijelaskan dalam HR. Muslim, bahwa apabila salah seorang kamu bermimpi buruk atau mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri sebanyak 3 kali, berlindunglah kepada Allah SWT dari gangguan syaitan tiga kali. 

Sedangkan yang dijelaskan oleh Imam Nawawi, jika mengalami mimpi buruk ada baiknya untuk hanya meniup dan tidak perlu mengeluarkan ludah. “mimpi yang baik bersumber dari Allah. Dan mimpi buruk datangnya dari setan. Maka barangsiapa yang bermimpi yang dibenci (mimpi buruk), hendaknya ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan memohon perlindungan kepada Allah SWT dari setan. Maka sesungguhnya mimpi itu tidak akan membahayakannya”

2. Jangan ceritakan ke orang lain

Mimpi buruk ternyata tidak boleh dibagikan ke siapa pun. Apa yang di dapat dari pengalaman mimpi buruk, bisa jadi membuat takut orang lain juga dan mereka mungkin bisa mimpi buruk juga karena cerita tersebut. 

Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yaitu: “siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan kejahatan setan dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu akan membahayakannya” (HR. Al Bukhari)

3. Ubah posisi tidur

Dihadiskan dalam Riwayat Muslim, bahwa: “apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindung kepada Allah SWT dari gangguan syetan tiga kali dan mengubah tidurnya di posisi semula”

4. Wudhu dan shalat

Salah stau penenang hati yang paling ampuh adalah shalat. Ini juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW agar dapat membuat perasaan Kembali lebih tenang dan memperoleh perlindungan dari Allah SWT. 


Sebelum shalat, diwajibkan untuk mengambil wudhu. Wudhu juga merupakan Tindakan yang bisa melindungi diri dari gangguan setan. Jangan lupa untuk perbanyak istighfar setelah shalat. 


Rasulullah SAW bersabda: “karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah kemudian shalatlah” (HR. Muslim)


Itulah doa mimpi buruk beserta amalannya, agar tidur kamu bisa lebih nyenyak lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mimpi doa kumpulan doa tidur
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top