Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT ke-77 RI, Luhut Pamer Keberhasilan Indonesia Hadapi Pandemi Covid-19

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan kemandirian Indonesia selama dua tahun pandemi Covid-19.
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan./ANTARA
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan./ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan kemandirian Indonesia selama dua tahun pandemi Covid-19. Hal itu disampaikannya dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI.

"Pandemi selama dua tahun telah kita lampaui dengan baik berkat kerja sama kita semua, dan kita tunjukkan kita bangsa yang hebat dan bisa mengatasi masalahnya sendiri. Saya pikir ini patut kita syukuri dalam rangka menyambut 17 Agustus ini," kata Luhut melalui video yang diunggah ke akun Instagram resminya, Rabu (17/8/2022).

Menurutnya, Indonesia sudah banyak melakukan banyak lompatan besar selama pandemi Covid-19. Misalnya, reformasi di bidang kesehatan dan menghasilkan teknologi kesehatan produksi dalam negeri.

Luhut juga menilai Indonesia telah berhasil melalui masa-masa kritis pandemi Covid-19 seperti saat gelombang varian Delta tahun lalu, yang mencetak rekor kasus positif maupun kematian di dalam negeri maupun dunia. Kendati demikian, dia mengimbau agar seluruh masyarakat bisa tetap waspada dengan perkembangan Covid-19.

Luhut meminta agar seluruh masyarakat bisa mematuhi seluruh apa yang diatur pemerintah khususnya terkait dengan penanganan pandemi Covid-19.

"Tetap disiplin hadapi pandemi yang belum tentu kapan berakhirnya. Maka itu ke depan apa yang diarahkan pemerintah saya minta semua kompak mematuhinya karena itu demi keamanan kita semua," ujarnya.

Pada sisi ekonomi, Luhut mengakui bahwa saat ini terdapat tempaan dari kondisi global terhadap perekonomian nasional. Kendati demikian, dia mengimbau agar tidak ada yang memberikan informasi tidak benar terkait dengan kondisi perekonomian kepada masyarakat.

"Pemerintah akan menyampaikan data yang benar kalau ada sinyal-sinyal kurang baik terkait dengan ekonomi kita," tegasnya.

Luhut juga mengungkapkan bahwa momentum peringatan hari kemerdekaan pada tahun ini menjadi sangat spesial. Meskipun ketidakpastian kondisi global baik perekomonian maupun geopolitik masih bergejolak akibat pandemi covid-19, Indonesia mampu membuktikan kepada dunia bahwa kondisi negeri ini cenderung lebih baik daripada negara-negara lainnya di dunia.

"Inilah yang membuat kita mampu menatap gelaran Presidensi Indonesia pada KTT G20 dengan rasa bangga dan penuh percaya diri," ucap Luhut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper