Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dinas Keamanan Ukraina Tangkap Dua Terduga Mata-mata Rusia

Dinas Keamanan Dalam Negeri Ukraina menangkap dua orang yang diduga bekerja untuk dinas intelijen Rusia dengan tugas membunuh pejabat penting Ukraina.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  06:54 WIB
Dinas Keamanan Ukraina Tangkap Dua Terduga Mata-mata Rusia
Dinas Keamanan Dalam Negeri Ukraina menangkap dua orang yang diduga bekerja untuk dinas intelijen Rusia dengan tugas membunuh pejabat penting Ukraina. - Antara/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Keamanan Dalam Negeri Ukraina menangkap dua orang yang diduga bekerja untuk dinas intelijen Rusia dengan tugas membunuh menteri pertahanan Ukraina dan kepala badan intelijen militernya.

Dilansir dari TheGuardian, Selasa (9/8/2022), Dinas keamanan Ukraina (SBU) tersebut menyatakan badan intelijen militer Rusia (GRU) menggunakan kelompok sabotase untuk melakukan tiga pembunuhan, termasuk pembunuhan seorang aktivis Ukraina terkemuka selain kedua pejabat tersebut.

Namun, belum ada reaksi langsung terhadap pernyataan Ukraina dari pihak Moskow atau media yang dikelola pemerintah Rusia. Pernyataan tersebut juga belum dapat diverifikasi secara independen.

Sebelumnya Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy menunjuk kepala intelijen baru setelah infiltrasi Rusia.

Menurut SBU, para tersangka menjanjikan uang hingga US$150.000 kepada penduduk wilayah Luhansk timur, wilayah yang dikuasai oleh separatis yang didukung Rusia, jika mampu membunuh para target tersebut.

Pria dari wilayah Luhansk dilaporkan memasuki Ukraina dari Belarusia dan ditahan di kota Kovel di barat laut Ukraina bersama dengan penduduk Kyiv. 

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari dan keamanan untuk pejabat tinggi dijaga sangat ketat. Kawasan kantor pemerintahan Kyiv dikelilingi dengan pos pemeriksaan yang diawaki oleh orang-orang bersenjata. Karung pasir ditumpuk di jendela dan pintu masuk gedung pemerintah.

SBU telah menjadi sorotan dalam beberapa pekan terakhir setelah Presiden Volodymyr Zelenskiy memecat kepala badan itu. Jaksa Agung negara bagian bulan lalu juga dicopot akibat kasus kolaborasi dengan Rusia oleh pejabat di lembaga mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Rusia Ukraina Ukraina Rusia
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top