Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gelombang Kedua Jemaah Haji Indonesia Mulai Pulang

Kloter pertama pemulangan jemaah haji dari Indonesia telah selesai. Gelombang kedua bersiap pulang ke Tanah Air.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 30 Juli 2022  |  09:51 WIB
Gelombang Kedua Jemaah Haji Indonesia Mulai Pulang
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi. - Bloomberg\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kloter pertama pemulangan jemaah haji dari Indonesia telah selesai. Gelombang kedua bersiap pulang ke Tanah Air.

Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dimulai hari ini, Sabtu (30/7/2022).

Kepala Daker Madinah Amin Handoyo mengatakan, seluruh petugas sudah siap dengan dimulainya fase pemulangan jemaah haji dari Madinah menuju Tanah Air.

“Insyaallah seluruh petugas sudah siap untuk memfasilitasi layanan kepulangan jemaah,” katanya melalui keterangan pers.

Ada lima kelompok jemaah haji Indonesia yang akan berangkat pada hari pertama pemulangan.

Kelimanya adalah kloter 24 Embarkasi Jakarta–Pondok Gede/JKG 24 (terbang 04.30 waktu Arab Saudi/WAS), kloter 8 Embarkasi Medan/MES 8 (07.10 WAS), kloter 5 Embarkasi Aceh/BTJ 5 (08.50 WAS), kloter 22 Embarkasi Solo/SOC 22 (14.10 WAS), dan kloter 3 Embarkasi Makassar/UPG 3 (16.50 WAS).

Proses penimbangan koper bagasi jemaah haji dilakukan sejak dua hari sebelum kepulangan. Amin mengingatkan agar jemaah mematuhi ketentuan terkait barang bawaan yang dilarang dimasukkan dalam koper bagasi.

Ketentuan berat maksimal koper bagasi, tas kabin, serta barang bawaan antara pemulangan melalui Jeddah maupun Madinah tidak berbeda. Jemaah tidak diperkenankan memasukkan air Zamzam ke dalam koper bagasi.

“Jadi, jemaah dimohon mematuhi ketentuan sehingga kepulangan jemaah beserta barang bawaannya berjalan lancar, jangan sampai ada barang yang tercecer,” jelasnya

Selain memulangkan jemaah ke Tanah Air, lanjut Amin, Daker Madinah juga masih akan menerima kedatangan jemaah haji gelombang kedua dari Makkah.

Sampai saat ini sudah ada 29.413 jemaah yang diberangkatkan dari Makkah dan tiba di Madinah. Mereka tergabung dalam 74 kloter.

“Konsentrasi jemaah haji Indonesia saat ini beralih ke Madinah. Mereka saat ini tengah menjalani ibadah Arbain sembari menunggu jadwal kepulangan,” terangnya.

Proses kedatangan jemaah haji dari Makkah ke Madinah akan berlangsung sampai 4 Agustus 2022. Sementara untuk kepulangan jemaah haji dari Madinah ke Tanah Air akan berakhir pada 13 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji jemaah haji info haji
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top