Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serahkan diri, Mardani Maming Langsung Diperiksa Penyidik KPK

KPK memeriksa Bendahara Umum PBNU Mardani Maming sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi izin usaha pertambangan (IUP) Kabupaten Tanah Bumbu.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 28 Juli 2022  |  15:37 WIB
Serahkan diri, Mardani Maming Langsung Diperiksa Penyidik KPK
KPK memasukkan nama Mardani Maming dalam DPO - Bisnis / Setyo Aji Harjanto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung memeriksa Bendahara Umum PBNU Mardani Maming sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi izin usaha pertambangan (IUP) Kabupaten Tanah Bumbu.

Diketahui, Maming tiba di Gedung KPK pada Kamis (27/7/2022). Dia sebelumnya telah berstatus buron.

"Hari ini (28/7/2022) sekitar 14.00 WIB, informasi yang kami terima, benar Tersangka MM, telah datang kegedung Merah Putih KPK, didampingi Penasihat Hukumnya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (28/7/2022).

Dia mengatakan lembaga antirasuah menghargai kedatangan Maming, dan berharap agar DPO lainnya untuk menyerahkan diri.

"Kami hargai kedatangan DPO KPK dimaksud sehingga kami berharap para DPO KPK lainnya juga kooperatif menyerahkan diri ke KPK agar proses hukum cepat selesai dan memperoleh kepastian hukum," katanya.

Ali memastikan KPK memberikan kesempatan yang sama pada para Tersangka untuk melakukan pembelaan diri baik pada proses penyidikan, penuntutan hingga persidangan sesuai mekanisme dan koridor hukum berlaku.

"KPK junjung tinggi hak asasi dan keadilan setiap penanganan perkaranya, serta tetap memegang prinsip azas praduga tak bersalah. KPK mengajak masyarakat untuk terus mengikuti Informasi perkembagan perkara ini, dan KPK akan menyampaikan update nya sebagai bentuk transparansi," katanya.

Sebelumnya, Maming memenuhi panggilan KPK pada Kamis (28/7/2022). Dia akan diperiksa sebagai tersangka kasus suap IUP Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Saat tiba di KPK Maming memprotes soal statusnya sebagai buron korps antirasuah. Padahal, kata Maming, dia sudah mengirimkan surat yang isinya akan memenuhi panggilan pada Kamis (28/7/2022).

"Hari Selasa saya dinyatakan DPO, padahal saya dan kuasa hukum sudah mengirimkan surat dan akan hadir bersama kuasa hukum pada 28 Juli," kata Maming, Kamis (28/7/2022).

Pantauan Bisnis, Maming tiba di KPK pada 14.00 WIB. Dia didampingi kuasa hukumnya Denny Indrayana. Maming datang dengan mengenakan jaket biru, celana hitam dan sepatu hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK Mardani Maming pbnu
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top