Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moeldoko Beberkan Resep Kepemimpinan kepada Peserta Sekolah Staf Presiden

Moeldoko membagikan pengalamannya kepada 35 peserta angkatan pertama kelas kepemimpinan Sekolah Staf Presiden (SSP).
Kepala Staf KepresidenanMoeldoko membagikan pengalamannya kepada 35 peserta angkatan pertama kelas kepemimpinan Sekolah Staf Presiden (SSP). /Antara
Kepala Staf KepresidenanMoeldoko membagikan pengalamannya kepada 35 peserta angkatan pertama kelas kepemimpinan Sekolah Staf Presiden (SSP). /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membagikan pengalamannya kepada 35 peserta angkatan pertama kelas kepemimpinan Sekolah Staf Presiden (SSP), di gedung Bina Graha Jakarta, Senin (25/7/2022). 

Moeldoko berbagi pengalamannya dalam membentuk jiwa kepemimpinan. Dia menyebutkan, momentum kepemimpinannya tersebut didapatkan saat mendapat kesempatan untuk mengikuti rapat bersama pimpinan TNI AD.

"Di mana saya satu-satunya Kapten di tengah para Jendral . Di situlah mata saya terbuka akan kompleksitas permasalahan yang harus dihadapi para pimpinan. Sejak itu, saya mulai memfokuskan diri untuk mencari dan menjadi solusi dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Kesempatan inilah yang ingin saya hadirkan kepada para peserta SSP," tuturnya lewat rilisnya, Senin (25/7/2022).

Moeldoko menegaskan, pemimpin harus memahami persoalan. Oleh sebab itu, dia meminta peserta SSP benar-benar memanfaatkan kesempatan untuk belajar dan mendapat pengalaman dalam mengelola negara di Kantor Staf Presiden.

"Mengelola negara itu tidak mudah. Mengelola negara butuh pengalaman. Apa yang kalian dapatkan di sini (Kantor Staf Presiden) dapat menjadi bekal untuk menjadi pemimpin yang penuh dengan referensi," ujarnya.

Moeldoko pun mengimbau agar peserta dapat menjadi pemimpin yang benar-benar memahami persoalan dan bukan hanya menjadi komentator yang tidak paham dengan yang dibicarakan.

Pada kesempatan itu, Moeldoko juga membeberkan capaian kinerja Kantor Staf Presiden dalam mengurai berbagai persoalan terkait program dan isu strategis pemerintah.

Beberapa persoalan yang berhasil diurai adalah penanganan dan pengendalian Covid-19, reforma agraria, penurunan stunting, dan persoalan subsidi BBM untuk nelayan.

"Ke depan tantangan kita masih besar. Ancaman perubahan iklim hingga krisis pangan dan energi. Di tangan kalian tantangan itu harus diselesaikan," katanya.

Sekadar informasi, Sekolah Staf Presiden (SSP) digelar mulai 25-29 Juli 2022. Dari 70.000 peserta yang mendaftar, hanya 35 talenta yang dinyatakan lolos seleksi.

Selanjutnya, dalam lima hari ke depan 35 peserta SSP akan mendapat berbagai materi dan pengalaman terkait tugas-tugas Kantor Staf Presiden dalam mengawal dan mengendalikan program serta isu-isu strategis Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

Adapun, 35 peserta ini memiliki beragam latar  pendidikan, mulai dari SMA, S1, himgga S2.

"Saya pastikan, seleksi peserta SSP ini berjalan ketat dan tidak memiliki kepentingan apapun," pungkas Moeldoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper