Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia dan Belanda Sepakati Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian

Mendikbudistek Nadiem dan Menteri Pendidikan Belanda Robert Djikgraaf sepakat menjalin kerja sama pendidikan dan penelitian.
Mendikbudistek RI Nadiem Makarim dan Menteri Pendidikan Belanda Robert Djikgraaf sepakat menjalin kerja sama pendidikan dan penelitian / Kemendikbudristek
Mendikbudistek RI Nadiem Makarim dan Menteri Pendidikan Belanda Robert Djikgraaf sepakat menjalin kerja sama pendidikan dan penelitian / Kemendikbudristek

Bisnis.com, JAKARTA - Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan, Tinggi, Riset, dan Teknologi telah menyepakati pengembangan kerja sama di bidang penelitian untuk pendidikan tinggi dengan Dewan Penelitian Ilmiah Belanda.

Adapun kesepakatan ini terbentuk setelah adanya pertemuan bilateral antara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda Robbert Dijkgraaf pada Kamis (21/7/2022).

Nadiem menyampaikan bahwa kesempatan kolaborasi ini menjadi babak baru pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia sebagai persiapan menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang, terutama di bidang vokasi, pendidikan tinggi, maupun budaya.

“Kami menyambut baik kedatangan delegasi dari Belanda, dimana hasil dari pertemuan bilateral ini sekiranya dapat melanjutkan kesepakatan yang telah terjalin antara pemerintah Indonesia dan Belanda, dalam bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi,” tutur Nadiem dikutip dari laman kemendikbud.go.id, Jumat (23/7/2022).

Nadiem juga menegaskan bahwa pengembangan kerja sama di bidang penelitian ini tentunya juga sejalan dengan berbagai program-program yang telah diluncurkan oleh Kemendikbudristek, yang memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Nadiem juga turut menyampaikan rasa apresiasinya kepada Djikgraaf yang sebelumnya telah menjadikan Indonesia sebagai mitra strategis bagi Belanda untuk melakukan kerja sama dalam bidang ilmu pengetahuan.

Senada, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda Robert Djikgraaf juga menyambut baik kesempatan kerja sama yang terjalin di antara kedua negara ini.

“Kami berharap kerja sama kedua negara yang telah terjalin ini akan terus berkembang serta mampu mendukung program prioritas masing-masing negara,” ucap Djikgraaf.

Melalui kolaborasi tersebut, Djikgraaf menuturkan bahwa keduanya akan mengupayakan biaya pendidikan dan penelitian yang lebih terjangkau, agar kedua bidang ini dapat diakses oleh seluruh golongan masyarakat yang ingin berinvestasi dalam sains.

“Pendidikan dan penelitian adalah pondasi masa depan bagi setiap orang. Maka dari itu, kami sedang mengerjakan masa depan yang di mana setiap orang bebas untuk mengembangkan potensi penuh mereka dan menjadi seperti yang mereka inginkan,” tegas Djikgraaf.

Selain itu, Menteri Pendidikan Belanda tersebut juga menyampaikan dukungannya kepada Presidensi Indonesia dalam perhelatan G20 dan komitmen Indonesia untuk kembali menjalankan hubungan bilateral dan global setelah berlangsungnya pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper