Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Timor Leste Fans Soekarno, Pernah Keliling Jakarta Naik Becak

Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Ramos Horta adalah fans Presiden soekarno, dan pernah keliling Jakarta naik becak.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  19:12 WIB
Presiden Timor Leste Fans Soekarno, Pernah Keliling Jakarta Naik Becak
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos-Horta menyampaikan keterangan pers usai pertemuan bilateral pada kunjungan kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022). Presiden Joko Widodo dan Presiden Timor Leste Jos Ramos-Horta sepakat untuk memperkuat konektivitas antarnegara baik di darat maupun laut serta memperkuat pembangunan perbatasan kedua negara. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Ramos Horta mengungkap kenangannya terhadap Indonesia saat berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Suatu kehormatan bisa berkunjung ke Indonesia di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Saya sudah sering ke Indonesia untuk beberapa keperluan, kegiatan. Pertama kali, saya ke sini pada 1974. saat itu, saya ketemu Pak Malik," ujarnya, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (19/7/2022).

Jose menceritakan, bahwa Indonesia merupakan negara yang dekat dengannya secara pribadi, sebab dirinya merupakan pengagum berat Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno.

Terbesit di ingatannya membaca buku-buku proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut.

"Beberapa buku yang saya baca merupakan tulisan Bung Karno. Saya merupakan fans berat Bung Karno," katanya.

Dia pun tersenyum saat kembali mengenang kunjungannya ke Indonesia pada 1970-an, dirinya berkeliling Jakarta menggunakan kendaraan roda tiga dengan sopir yang mengayuh kendaraan tersebut berkeliling kota.

Dengan naik becak di Jakarta, Jose mengatakan dirinya melihat tiga hotel besar di Indonesia, yaitu Hotel Indonesia, Kartika Plaza, dan Kartika Chandra.

"Kadang-kadang saya di Jakarta muter-muter pakai becak. Dan saya tahu Gubernur El Tari, kita adalah teman baik. Saat itu, hanya ada dua hotel besar di Indonesia. Eh, tiga, HI (Hotel Indonesia), Kartika Plaza, dan Kartika Chandra. Saya tidak menginap di hotel-hotel itu. Namun, saya di losmen," ujarnya sambil tertawa.

Dalam pernyataan pers bersama setelah pertemuan bilateral, Jose menyampaikan keinginannya agar Timor Leste menjadi anggota Asean dan dapat terwujud saat keketuaan Indonesia pada 2023.

"Saya sangat senang Indonesia tetap sangat komitmen tentang keanggotaan Timor Leste di Asean," ujarnya.

Jose mengatakan Timor Leste bakal menjadi anggota Asean yang produktif. Timor Leste juga disebut telah memenuhi segala persyaratan.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Indonesia yang telah membantu pembangunan Timor Leste. Dia ingin meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia dan Timor Leste.

"Kami sangat senang dengan dukungan Indonesia di banyak hal dalam pembangunan Timor Leste, termasuk di bidang pendidikan dan sumber daya manusia Timor Leste," ujar Jose.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

soekarno timor leste asean
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top