Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Naik Tram Mover Garuda Kencana di TMII, Ini Komentar Mensesneg Pratikno

Naik Tram Mover Garuda Kencana di TMII, Ini Komentar Mensesneg Pratikno
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  16:21 WIB
Ini Komentar Mensesneg Pratikno Naik Tram Mover Garuda Kencana di TMII - Antara
Ini Komentar Mensesneg Pratikno Naik Tram Mover Garuda Kencana di TMII - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjajal kereta Tram Mover Garuda Kencana buatan PT Industri Kereta Api (Inka) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis.

"Salah satu yang 'smart' (pintar) ini adalah kereta Garuda Kencana yang menggambarkan 'smart', 'green' (ramah lingkungan), sekaligus inklusif ketika semua orang bisa pakai," kata Pratikno di TMII, Jakarta Timur.

Pratikno menilai kehadiran dua unit kereta Tram Mover Garuda Kencana ini merupakan salah satu wujud penggunaan transportasi bebas emisi di kawasan destinasi wisata yang selaras dengan tujuan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022.

Dua unit Tram Mover yang diberi nama Garuda Kencana itu sebelumnya dikirim dari Madiun, Jawa Timur melalui jalur darat dan tiba di TMII, pada Selasa (21/6).

Nantinya Garuda Kencana akan menggantikan moda transportasi sebelumnya yaitu kereta layang bertenaga angin (aeromovel) Titihan Samirono.

Tram Mover tersebut beroperasi melalui sistem pusat kontrol operasi (operation control center/OCC) dan berteknologi mandiri (autonomous) serta memiliki kecerdasan buatan (artificial intellegence"/AI) yang mampu menjelaskan informasi wisata di TMII.

Garuda Kencana berbentuk persegi dengan dinding kaca yang lebar sehingga membuat penumpang lebih leluasa menikmati pemandangan TMII dari atas.

Selain itu, kereta tersebut memiliki desain minimalis dan modern yang dipercantik dengan dominasi warna merah yang elegan.

Interiornya dilengkapi dengan dua kursi melingkar yang nyaman bagi pengunjung. Masing-masing gerbong dapat menampung kapasitas sebanyak 10 orang.

Sebelumnya, Tram Mover ini telah melaksanakan proses pra uji coba yang meliputi pengecekan sarana dan prasarana pendukung yang meliputi persiapan lintasan, stasiun, fasilitas perawatan (maintenance facility), pengisian daya baterai (charging), dan pusat kontrol operasi (Operation Control Center/OCC).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tmii mensesneg
Sumber : Antaranews
Editor : Andhika Anggoro Wening

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top