Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUU Pemekaran Papua Disetujui, Begini Respons Mendagri Tito Karnavian

Implementasi tiga RUU tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat Papua yang masuk ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  14:30 WIB
RUU Pemekaran Papua Disetujui, Begini Respons Mendagri Tito Karnavian
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan sambutan dalam acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (14/6/2022). Acara tersebut menjadi penanda secara resmi dimulainya tahapan-tahapan Pemilu, yakni Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak pada 27 November 2024. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra - wsj.

Bisnis.com, JAKARTA - DPR telah menyetujui pemekaran tiga provinsi di Papua melalui pengesahan tiga RUU yakni RUU Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memaparkan bahwa rencana persetujuan tiga RUU tersebut sejalan dengan aspirasi dari masyarakat Papua yang masuk ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Baik dari kepala daerah, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, dan juga tokoh-tokoh birokrat di wilayah Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan juga Papua Tengah," ucap Tito saat menyampaikan pandangan pemerintah terkait UU pemekaran Papua di Rapat Paripurna DPR, Kamis (30/6/2022).

Selain itu, lanjut Tito, kebijakan pemekaran Papua merupakan implementasi UU Otonomi Khusus Papua. Sesuai semangat UU tersebut, dia memastikan UU pemekaran Papua menjamin dan memberi ruang untuk orang asli Papua.

Terakhir, pemerintah berharap UU pemekaran Papua dapat jadi payung hukum yang kongkrit untuk menjalankan pemerintahan di tiga provinsi baru Papua.

"Dengan tujuan utama untuk mempercepat pembangunan di Papua, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua, terutama orang asli Papua," jelas Tito.

Seperti diketahui, DPR telah mensahkan tiga RUU pemekaran Papua menjadi UU pada Rapat Paripurna Ke-26 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021 - 2022, Kamis (30/6/2022).

Tiga RUU tersebut yaitu RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah, dan RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr papua
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top