Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sebelum Ketemu Jokowi, Putin Kunjungi Bekas Negara Soviet di Asia Tengah

Vladimir Putin akan mengunjungi dua negara bekas Soviet di Asia Tengah pada pekan ini, sebelum bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Moskow.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 27 Juni 2022  |  11:56 WIB
Sebelum Ketemu Jokowi, Putin Kunjungi Bekas Negara Soviet di Asia Tengah
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021. - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin akan melakukan perjalanan luar negeri pertama sejak dimulainya invasi militer ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Dikutip melalui laman Al-Jazeera, kunjungan terakhir Putin yang diketahui di luar Rusia adalah ke Beijing pada awal Februari 2022, di mana dirinya bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.

Vladimir Putin akan mengunjungi dua negara bekas Soviet di Asia Tengah pada pekan ini, sebelum bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Moskow.

Koresponden Kremlin dari stasiun televisi pemerintah Rossiya 1 Pavel Zarubin, mengatakan Putin akan mengunjungi Tajikistan dan Turkmenistan dan kemudian bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo untuk melakukan pembicaraan di Moskow.

Di Dushanbe, Putin akan bertemu Presiden Tajik Imomali Rakhmon, sekutu dekat Rusia dan penguasa terlama di bekas negara Soviet. Di Ashgabat, dia akan menghadiri pertemuan puncak negara-negara Kaspia termasuk para pemimpin Azerbaijan, Kazakhstan, Iran dan Turkmenistan, kata Zarubin.

Laporan kantor berita Rusia, RIA, yang mengutip ketua Majelis Atas Parlemen Rusia menyebutkan bahwa Putin juga berencana mengunjungi kota Grodno di Belarusia pada 30 Juni dan 1 Juli untuk menghadiri forum bersama Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo beserta rombongan sudah tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman sekitar pukul 18.40 Waktu Setempat, Minggu, 26 Juni 2022.

Jokowi diketahui terbang ke Eropa untuk membawa misi perdamaian dunia, khususnya dalam upaya menghentikan perang Rusia dan Ukraina. 

Dalam agenda Kenegaraannya, Jokowi akan mengunjungi Jerman dalam rangka menghadiri KTT G7. Kemudian, Kepala Negara akan bertolak ke Ukraina.

Di sana, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk membuka dialog perdamaian dengan Rusia. Selepas itu, Jokowi akan bertemu dengan Putin di Rusia. Jokowi akan meminta Putin menghentikan perang dan melakukan gencatan senjata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china Rusia vladimir putin xi jinping
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top