Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-123: Putin Siap Kirim Rudal Nuklir!

Berikut update perang Rusia vs Ukraina hari ke-123. Vladimir Putin siap kirim rudal nuklir!
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 26 Juni 2022  |  15:05 WIB
Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-123: Putin Siap Kirim Rudal Nuklir!
Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-123: Putin Siap Kirim Rudal Nuklir. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia vs Ukraina yang masih terus berlanjut hingga hari ke-123 pada Minggu (26/6/2022). Presiden Rusia Vladimir Putin siap kirim rudal berkekuatan nuklir ke Ukraina. 

Saat ini, fokus Rusia telah bergeser ke wilayah Lysychansk. Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan Rusia akan mengirim rudal yang mampu membawa hulu ledak nuklir melalui Belarusia. Berikut update perang Rusia vs Ukraina hari ke-123 yang dilansir dari The Guardian pada Minggu (26/6/2022).

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-123

Putin Kirim Senjata Nuklir ke Belarusia

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan Rusia akan mengirim rudal yang mampu membawa hulu ledak nuklir ke Belarus dalam beberapa bulan ke depan.

“Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan mentransfer sistem rudal taktis Iskander-M ke Belarusia, yang dapat menggunakan rudal balistik atau jelajah, dalam versi konvensional dan nuklirnya,” kata Presiden Putin pada hari Sabtu (25/6/2022) saat menjamu pemimpin Belarusia, Alexander Lukashenko.

Rusia Ngotot Rebut Wilayah Lysychansk

Pasukan Rusia berusaha untuk memisahkan kota kembar Lysychansk di Ukraina timur, setelah menghancurkan Sievierodonetsk menjadi puing-puing. Lysychansk akan menjadi fokus utama pertempuran berikutnya karena Moskow telah meluncurkan pemboman artileri besar-besaran dan serangan udara di daerah-daerah yang jauh dari jantung pertempuran timur.

Wali Kota di Eropa Kena Tipu Deepfake

Wali Kota beberapa ibu kota Eropa telah ditipu untuk mengadakan panggilan video dengan deepfake dari Wali Kota Kyiv, Vitali Klitschko. Wali Kota Berlin, Franziska Giffey, mendapatkan bagian dalam panggilan terjadwal di platform konferensi video Webex pada Jumat (24/6/2022) dengan seseorang yang dikatakan tampak dan terdengar seperti Klitschko.

“Tidak ada tanda-tanda bahwa panggilan konferensi video tidak dilakukan dengan orang sungguhan,” jelas pemerintah setempat.

Rusia Tangguhkan Evakuasi akibat Penembakan Ukraina

Penembakan Ukraina pada Sabtu (25/6/2022) memaksa pasukan Rusia untuk menangguhkan evakuasi orang-orang dari sebuah pabrik kimia di Sievierodonetsk, yang hanya beberapa jam setelah pasukan Moskow merebut kota itu.

Secara terpisah, seorang penasihat senior presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Oleksiy Arestovych, mengatakan pasukan khusus masih berada di Sievierodonetsk yang mengarahkan tembakan artileri ke Rusia.

Inggris Yakinkan Pemimpin G7 bahwa Ukraina akan Menang

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mendesak para pemimpin G7 untuk tidak “menyerah” di Ukraina saat ia menjanjikan dukungan keuangan tambahan ke Ukraina dalam upaya memerangi invasi Rusia.

“Ukraina bisa menang dan itu akan menang. Namun, mereka membutuhkan dukungan kita untuk melakukannya. Sekarang bukan waktunya untuk menyerah pada Ukraina,” tegas Johnson pada Sabtu (25/6/2022).

Zelensky Yakin Ukraina Menang

Presiden Zelensky mengatakan pada Sabtu (25/6/2022) bahwa Ukraina akan memenangkan kembali semua kota yang telah kalah dari Rusia, termasuk Sievierodonetsk.

“Semua kota kami – Sievierodonetsk, Donetsk, Luhansk – kami akan mendapatkan semuanya kembali,” katanya dalam sebuah pidato video.=

Serangan Rusia Tewaskan Warga Sipil

Serangan Rusia telah menewaskan tiga warga sipil pada Sabtu (25/6/2022) di Bakhmut, New York, dan Pervomaiske di wilayah Donetsk.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko. Selain itu, serangan rudal Rusia telah menewaskan sedikitnya tiga dan melukai empat warga lainnya di Sarny, Rivne, wilayah barat Ukraina.

AS Kirim 18 Kapal ke Ukraina

Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan 18 kapal patroli ke Ukraina sebagai bagian dari paket keamanan ke-13 yang dijanjikan pada Kamis (23/6/2022).

“Termasuk dalam paket yang diumumkan Kamis adalah dua kapal sungai unit kecil sepanjang 35 kaki; enam kapal tempur maritim sepanjang 40 kaki; dan sepuluh kapal patroli Dauntless Sea Ark setinggi 34 kaki,” kata departemen pertahanan AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vladimir putin rudal Perang Rusia Ukraina
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top