Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi akan Temui Presiden Ukraina Zelensky dan Presiden Rusia Putin

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi pemimpin dari Asia Tenggara pertama yang melakukan kunjungan ke Rusia dan Ukraina pasca-konflik kedua negara tersebut pecah.
Presiden Jokowi akan menemu Zelensky dan Putin /Antara Foto-/Hafidz Mubarak A
Presiden Jokowi akan menemu Zelensky dan Putin /Antara Foto-/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia dalam kunjungan ke Kiev dan Moskow dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam press briefing, Rabu (22/6/2022).

Kendati belum ada tanggal pasti, kunjungan Presiden Jokowi ke dua negara tersebut akan dilakukan setelah memenuhi undangan KTT G7 di Elmau, Jerman pada 26-27 Juni 2022.

"Dalam kunjungan ini, tentunya [presiden] akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin," kata Retno.

Dia mengatakan kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal dan sulit.

"Sebagai Presiden G20 dan salah satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam," ujar Retno.

Kunjungan Jokowi akan menjadikannya sebagai pemimpin di Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke Rusia dan Ukraina pasca-konflik kedua negara tersebut pecah. 

Retno mengatakan pertemuan yang akan dilakukan dengan Zelensky dan Putin menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan.

Selain itu, kunjungan juga menjadi pertanda bahwa Indonesia mencoba berkontribusi untuk penanganan krisis pangan yang diakibatkan oleh perang dan dampaknya kepada negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah.

Setelah kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Presiden Jokowi akan bertolak ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab untuk menindaklanjuti kerja sama bidang ekonomi antara kedua negara.

Adapun terkait dengan G7, Indonesia merupakan salah satu tamu undangan KTT G7 selain India, Senegal, Argentina, dan Afrika selatan yang kali ini akan membahas krisis pangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper