Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pijar Foundation Luncurkan Global Future Talent Alliance untuk Merevolusi Kesenjangan Pendidikan

Pijar Foundation dan EdHeroes luncurkan inisiatif Global Future Talent Alliance (GFTA) untuk mereformasi pendidikan bagi generasi mendatang di kancah dunia.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 21 Juni 2022  |  11:51 WIB
Pijar Foundation Luncurkan Global Future Talent Alliance untuk Merevolusi Kesenjangan Pendidikan
Pijar Foundation berkolaborasi EdHeroes meluncurkan inisiatif Global Future Talent Alliance (GFTA) untuk mengatasi kesenjangan pendidikan formal dan kebutuhan dunia saat ini - dok pijar foundation

Bisnis.com, SOLO - Pijar Foundation berkolaborasi EdHeroes meluncurkan inisiatif Global Future Talent Alliance (GFTA).

Seiring berjalannya waktu, dunia telah mengalami sejumlah pergeseran struktural yang dipicu oleh digitalisasi. Namun masih terdapat ketidaksesuaian antara materi yang diajarkan di lembaga pendidikan formal dengan kebutuhan dunia nyata saat ini, yang menyebabkan fenomana kesenjangan talenta global (global talent gap).

GFTA pun dibentuk untuk memecahkan masalah ini, yang dibentuk sebagai sebuah ekosistem kolaboratif untuk saling berbagi sumber daya (resource sharing) demi mereformasi pendidikan bagi generasi mendatang.

Untuk tujuan ini, GFTA akan menghubungkan inovator pendidikan, filantropi, dan organisasi lain yang ingin menguji dan meningkatkan inisiatif untuk menutup global talent gap.

Mekanisme resource sharing GFTA membantu inisiatif-inisiatif yang menjanjikan untuk menemukan sumber daya finansial yang dibutuhkan dan belajar tentang praktek-praktek terbaik dari seluruh dunia.

Shaun Conway, Founder dan President IXO Foundation menyatakan bahwa EdHeroes bangga akan inisiatif brilian ini dan berharap GFTA bisa membawa dampak besar dalam dunia pendidikan.

Osama Obeidat selaku CEO dari Queen Rania Teacher Academy pun menghargai insiatif ini dan yakin GFTA bisa menjadi asset berharga bagi peta Pendidikan dunia dan berharap akan muncul banyak inovasi dari GFTA.

“Dunia telah berkomitmen untuk mendorong life-long-learning yang berkualitas bagi semua orang, sebagai bagian dari Sustainable Development Goal (SDG) ke-4. Kami bangga menyaksikan peluncuran GFTA, sebuah inisiatif yang berupaya mendobrak batasan pendidikan dan menciptakan generasi bakat baru”, kata Laksmi Shari De Neefe Suardana, Puteri Indonesia 2022 yang akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2022.

Pimpinan GFTA Cazadira Fediva Tamzil mengatakan bahwa GFTA diluncurkan untuk membantu masalah ketidaksetaraan dalam pendidikan formal dan kebutuhan dunia.

“Kesenjangan talenta global adalah isu serius bagi generasi saat ini dan masa depan. Kami menyambut semua reformis pendidikan untuk bergabung dalam aliansi ini dan memecahkan masalah bersama,” kata Cazadira dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.

Pada tahun pertamanya, GFTA beraspirasi untuk mendukung 25 inisiatif reformasi pendidikan di level global.

Dalam waktu dekat, GFTA akan bekerja sama dengan EdHeroes Asia untuk meluncurkan EdHeroes Asia Hub sebagai lembaga yang berfokus menjaring talenta-talenta brilian Indonesia dengan inovasinya untuk bersama membangun ekosistem pendidikan berskala global yang lebih baik.

Peluncuran GFTA tersebut disaksikan 20 inovator pendidikan Indonesia, yang bertempat di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta.

Kolaborasi untuk peluncuran GFTA ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Yayasan Puteri Indonesia, Kisah Kasih, dan EdHeroes Asia selaku mitra Pijar Foundation dalam inisiatif ini.

Dua anggota Dewan Penasehat EdHeroes turut menyaksikan penandatanganan nota kesepakatan melalui aplikasi Zoom.

Untuk diketahui, Pijar Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang mengkatalisasi inisiatif-inisiatif masa depan melalui “collaborative governance” – koalisi sektor publik, swasta, dan komunitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan pendidikan anak
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top