Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Pengusaha Jadi Kepala Negara, Selamat Ulang Tahun ke-61 Presiden Jokowi!

Dulu, keluarga Jokowi harus rela digusur Pemkot Solo dari tempat tinggalnya di bantaran Kali Pepe dan menumpang rumah seorang kerabat di daerah Gondang.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi ulang tahun yang ke-61 pada 21 Juni 2022/Youtiube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo atau Jokowi ulang tahun yang ke-61 pada 21 Juni 2022/Youtiube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo atau yang akrab disaapa Jokowi resmi merayakan hari lahirnya yang ke-61 pada hari ini, Selasa (21/6).

Tidak hanya itu, tahun ini juga merupakan tahun kedelapan Presiden RI yang lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi itu memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut pantauan Bisnis tagar Selamat Ulang Tahun dan Dirgahayu HUT61 Jokowi menempati peringkat kelima dan keenam trending topik di media sosial Twitter, di mana ucapan selamat ulang tahun untuk pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961 ini pun ramai diberikan oleh warganet.

Dikutip dari laman jokowicenter.com, sejak lahir pada 21 Juni 1961 di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Jokowi tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah kontrakan yang berlokasi di bantaran sebuah sungai di Solo. 

Hidup mereka sangat sederhana. Ayah Jokowi yang sehari-hari menghidupi keluarga dengan berjualan kayu terpaksa membawa istri dan anak-anaknya hidup berpindah dari satu rumah sewa menuju rumah sewa lainnya.

Bahkan dengan kondisi tersebut, keluarga Jokowi harus rela digusur Pemerintah Kota Solo dari tempat tinggalnya di bantaran Kali Pepe dan tinggal menumpang di kediaman seorang kerabat di daerah Gondang. 

Namun, pengalaman masa kecil tersebut tidak dirasakan Jokowi sebagai sebuah penderitaan. Jokowi yang sewaktu kecil dipanggil Mulyono berkata bahwa waktu-waktu sulit tersebut merupakan cara Tuhan yang sangat tepat untuk membangun karakter dirinya di masa depan.

Selepas berkuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Jokowi muda sempat mencicipi pengalaman kerja pada sebuah perusahaan BUMN di Aceh. Lokasinya yang berada di tengah hutan, kondisi kerja yang keras, dan rencana untuk mempunyai buah hati menuntun Jokowi dan istri untuk kembali ke Kota Solo pada 1988.

Dia kemudian bekerja sementara waktu pada pabrik milik pamannya, hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti dan Jokowi memulai usaha mebelnya sendiri. 

Usaha yang mulanya berjalan dengan kondisi sederhana lambat laun berkembang. Dari ruang lingkup regional, usaha bapak 3 anak --Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep-- ini tumbuh melingkupi pasar nasional, hingga kemudian merambah pasar mancanegara.

Diketahui, Jokowi menikah dengan Iriana di Solo, pada 1986. Pasangan ini memiliki tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Jokowi sudah dikaruniai tiga orang cucu yakni Jan Ethes Sri Narendra, Sedah Mirah dan La Lembah Manah.

Jokowi awalnya adalah pengusaha mebel. Lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini kemudian mengawali karier di dunia pemerintahan dengan menjadi Wali Kota Surakarta

Kemudian, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Lalu di tahun 2014, Jokowi menjadi presiden. Saat itu dia berpasangan dengan politikus senior Golkar, Jusuf Kalla.

Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden RI setelah memenangi Pilpres 2019 lalu. Sembilan partai yang mendukungnya memenangi Pilpres 2019 yakni PDIP, Golkar, PPP, NasDem, PKB, PSI, Perindo, Hanura, dan PKPI.

Saat Pilpres 2019, Jokowi-Ma’ruf Amin sempat berduel dengan Prabowo-Sandiaga Uno untuk memperebutkan kursi presiden dan wakil presiden. Saat menjabat, Jokowi tidak sungkan untuk mengajak lawannya untuk duduk di kursi kabinet, membangun Indonesia lebih maju dan berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper