Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seleksi Mandiri Unair 2022: Syarat, Cara Daftar, dan Biaya Pendaftaran

Universitas Airlangga (Unair) masih membuka seleksi mandiri calon mahasiswa baru 2022 berdasarkan nilai UTBK hingga 26 Juni 2022.  
Universitas Airlangga/Istimewa
Universitas Airlangga/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Universitas Airlangga (Unair) masih membuka seleksi mandiri calon mahasiswa baru 2022 berdasarkan nilai UTBK hingga 26 Juni 2022.  

Dikutip dari laman ppmb.unair, Senin (13/6/2022), Universitas Airlangga mewajibkan para calon peserta seleksi mandiri memilih salah satu pilihan program studi UTBK 2022 di universitas tersebut.

Syarat Pendaftaran

1. Memiliki nilai UTBK 2022 beserta dengan sertifikat UTBK 2022.

2. Memiliki Ijazah SMA bagi calon peserta lulusan 2020 dan 2021.

3. Memiliki surat keterangan kelas XII dari sekolah asal, bagi lulusan 2022 sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru calon peserta dan telah dibubuhi cap yang sah.

4. Memiliki kondisi kesehatan yang baik sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi tujuan.

Cara Pendaftaran

1. Membuat akun pendaftaran secara online melalui laman http://pendaftaran.unair.ac.id

2. Setelah memiliki akun pendaftaran, calon peserta dapat melakukan login dan kemudian klik menu ‘pendaftaran’ kemudian klik ‘pemilihan penerimaan’,

3. Pilih pilihan penerimaan yang diinginkan, kemudian klik ‘daftar’,

4. Pilih jenis formulir sesuai dengan ujian yang diikuti atau jenis jurusan, baik IPA, IPS, dan IPC  kemudian klik ‘simpan’,

5. Setelah muncul tampilan formulir pendaftaran, calon peserta diminta untuk mengisi formulir data diri dan kemudian klik ‘simpan’,

6. Setelah mengisi formulir, maka langkah selanjutnya adalah mengunggah berkas persyaratan dengan memilih menu pendaftaran kemudian klik ‘upload berkas’,

7. Calon peserta dapat mengunggah masing-masing file persyaratan tersebut dan kemudian klik ‘submit untuk diverifikasi’,

8. Setelah proses pengisian formulir dan unggah file persyaratan telah selesai, pendaftar dapat menunggu hasil verifikasi dari panitia penerimaan, yang akan dikirimkan melalui e-mail ataupun SMS ke nomor yang telah diiskan.

Biaya Pendaftaran

1. Untuk kelompok Saintek atau Soshum dengan dua pilihan prodi, akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp300.000.

2. Untuk kelompok campuran atau IPC, akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp500.000

Selain dengan menggunakan nilai UTBK 2022, Universitas Airlangga juga menyediakan seleksi mandiri melalui jalur ujian tulis yang akan dibuka pada 1 Juli hingga 22 Juli 2022.

Mengutip dari laman ppmb.unair, Senin (13/6/2022), materi yang akan diujikan pada seleksi mandiri jalur ujian tulis adalah tes potensi akademik (TPA) dan tes kemampuan akademik sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih.

Untuk materi yang diujikan pada TPA, terdiri dari kemampuan verbal, numerik, dan penalaran. Sedangkan untuk tes kemampuan akademik kelompok Saintek terdiri dari mata pelajaran matematika IPA, biologi, fisika, kimia, dan bahasa Inggris.

Untuk kelompok Soshum, materi akademik yang diujikan antara lain adalah matematika IPS, ekonomi, sosiologi, geografi, sejarah, dan bahasa inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper