Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Agama Minta Generasi Muda Turut Serta Tangkal Hoaks di Dunia Maya

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau kepada generasi muda untuk bantu Pemerintah menangkal berita palsu atau hoaks yang beredar di dunia maya.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  16:26 WIB
Menteri Agama Minta Generasi Muda Turut Serta Tangkal Hoaks di Dunia Maya
Menetri Agama Yaqut Cholil Qoumas. - www.kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau kepada generasi muda untuk bantu Pemerintah menangkal berita palsu atau hoaks yang beredar di dunia maya.
 
Pria yang akrab disapa Gus Yaqut tersebut juga mengatakan bahwa hal itu menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi generasi muda saat ini di tengah banyaknya informasi yang beredar di dunia maya.
 
"Tantangan masa depan pasti tidak mudah, apalagi di era disrupsi teknologi informasi seperti sekarang ini, kita semua ini diberi suguhan informasi yang saling berjejal di ruang-ruang diskursus kita,” tutur Gus Yaqut di sela-sela acara seminar yang digelar oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) zona Indonesia Timur yang hadir dalam seminar Indonesia Emas di Auditorium UIN Alauddin Makassar, Senin (13/6).
 
Gus Yaqut berpandangan bahwa informasi yang beredar saat ini semakin membuat sulit generasi muda dalam memilah antara berita yang benar dan hoaks.
 
“Apalagi di era post truth semacam ini, di mana fakta dan kebenaran bisa tertutupi dengan banyak kebohongan dan dapat mempengaruhi opini serta emosi publik,” katanya.
 
Dia mengemukakan bahwa informasi hoaks yang terus membanjiri media-media saat ini mampu mengganggu fokus semua pihak, termasuk juga berpengaruh ke generasi muda Indonesia.
 
Dia berharap melalui Seminar Indonesia Emas 2045 ini mampu membakar semangat mahasiswa untuk melawan penyebaran berita-berita hoaks tersebut.
 
“Saya mau mengucapkan terima kasih dan harapan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Teknologi Mas Nadiem Makarim yang ikut serta bersama-sama memberikan suntikan semangat untuk teman-teman mahasiswa di Kampus PTKIN dan PTKIS, khususnya di regional Indonesia Timur,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenag hoax
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top