Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakar Puji Pidato Prabowo di IISS Shangri-La Dialogue 2022

Prabowo Subianto dipuji para pakar luar negeri setelah tampil berpidato dalam diskusi panel forum IISS Shangri-La Dialogue 2022.
Pakar Puji Pidato Prabowo di IISS Shangri-La Dialogue 2022. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @prabowo
Pakar Puji Pidato Prabowo di IISS Shangri-La Dialogue 2022. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @prabowo

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dipuji para pakar luar negeri setelah tampil berpidato dalam diskusi panel forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 bertajuk Mengelola Persaingan Geopolitik di Kawasan Multipolar di Singapura.

"@Kemhan_RI @prabowo menyampaikan salah satu komentar yang paling menarik (bukan narasi Barat seperti biasanya). Beberapa penonton bertepuk tangan sebelum mengakhiri penyampaiannya (juga jarang terjadi). Saya akan menyoroti beberapa poin yang dia buat di sini," kata dosen senior di National University of Malaysia Hoo Chiew Ping, dikutip dari akun Twitter resminya @HooCP, dipantau dari Jakarta, Minggu (12/6/2022).

Dalam akun Twitternya, Hoo membuat utas yang menjelaskan sejumlah poin dalam pidato Prabowo.

"Ia memulai penampilannya dengan gelombang gerakan independensi setelah perang dunia kedua untuk berargumen tentang antikolonialisme di antara negara-negara yang lebih kecil atau lebih lemah ketika menghadapi tekanan kekuatan besar dunia," tulis Hoo dalam cuitannya.

Prabowo, menurut Hoo, juga mencontohkan bagaimana negara-negara Asia percaya pada kepemimpinan yang bijaksana karena mereka adalah yang paling terpengaruh oleh kekuatan besar.

Kesamaan pengalaman dalam menghadapi penjajahan dan perbudakan membuat negara-negara Asia mencari cara kolektif untuk menciptakan lingkungan yang ramah.

Hoo lalu mengutip pernyataan Prabowo yang dia anggap merupakan sorotan dari pidato, yakni ketika Prabowo mengatakan bahwa negara-negara Asean memahami persaingan antara kekuatan dunia yang meningkat dan China telah menjadi kekuatan besar selama ribuan tahun di kawasan Asia Tenggara.

"Hal ini juga berlaku di India, baik wilayah maupun budaya telah memengaruhi wilayah tersebut. #SLD22 /6," tulis Hoo.

Pujian terhadap penampilan Prabowo juga datang dari mantan Shangri-La Dialogue Senior Fellow William Choong, yang kini berprofesi sebagai Senior Fellow di ISEAS-Yusof Ishak Institute Singapura melalui akun Twitter resminya @willschoong.

"Saya baru saja menetap, tetapi sepertinya pidato @prabowo cukup singkat, katakanlah 12 menit? Dalam satu tahun, pembicara sebelumnya agak mengoceh, melompat dari halaman ke halaman. Penyampaian Prabowo singkat dan tajam," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper